MATERI AJAR
Hari/
Tanggal : Rabu, 24-07-2019
Kelas : 1D
PENGENALAN HURUF
Masih berdasarkan
permendikbud republik Indonesia Nomor. 18 tahun 2016 tentang pengenalan
lingkungan sekolah bagi siswa baru maka siswa kelas 1 masih dalam masa-masa
pengenalan baik lingkungan sekolah maupun cara belajar. Pembahasan kali ini
tentang pengenalan huruf kepada siswa kelas 1 bertujuan untuk mengetahui
tingkatan pemahaman sswa dalam membaca dan menggabungkan huruf menjadi kata
maupun kalimat.
kartu yang dipakai tetapi kartu huurufnya ditempel dikarton |
Kartu
huruf merupakan abjad-abjad yang dituliskan pada potongan-potongan suatu media
baik karton, kertas maupun papan tulis atau tripleks. Dalam kesematakkali ini media yang akan digunakn
yaitu karton dengan berbagai macamhuruf.
Potongan-potongan kartu huruf tersebut dapat
dipindah-pindahkan sesuai keinginan pembuat suku kata, kata maupun kalimat.
Contoh yang akan dipelajari yaitu:
1.
N-A-M-A = NAMA (dieja
N- A – NA , ---- M- A—MA)
Siswa mencari huruf sesuai dengan
nama masing-masing siswa. Dala hal
ini dituntuunjuk membuat nama lengkap
Contoh: NAURA QURRATA AINI
2.
P-A-N-G-G-I-L-A-N = PANGGILAN
(dieja
P-A --- PA- NG ---PANG, --G-I—GI, L--- GIL, PANGGIL—A-N ---
PANGGILAN
Siswa mencari huruf sesuai denan mama panggilannya.
Contoh: NAURA
3. N-A-M-A—T-E-M-A-N= NAMA TEMAN (dieja
N-A—NA, -- M-A-MA--- NAMA, T-E----TE, M-A—MA, --N----- TEMAN)
Siswa mencari 2 nama teman yang ada dikelas, nama yang dimaksud adalah
nama panggilan saja.
Conoh : PUTRI dan NAFIIS
Siswa akan diajak satu persatu kedepan kelas untuk menunjukkan nama kartu yang
dimaksd kepada teman-temannya kemudian siswa menuliskan kembali dibuku terkait huruf yang ditunjukkannya. Penggunaan kartu
huruf ini sangat menarik perhatian anak dan sangat mudah digunakan dalam
pembelajaran membaca. Selain itu kartu huruf juga melatih kreatif siswa dalam menyusun kata-kata sesuai dengan keinginannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar