Kamis, 25 Juli 2019

Pendidikan Karakter

Hari/tanggal : Jumat,  26-07-2018
Kelas.             : 1D

 Penanaman Kedisiplinan dan Tata cara Kegiatan disekolah

1. Cara Masuk kelas
( sudah pernah dipelajari) bel berbunyi pukul 07.00 siswa baris didepan kelas, mengucapkan salam, dan masuk kelas dengan teratur dipimpin oleh ketua kelas dan dibimbing oleh guru.

2. Cara Menuju lapangan
Siswa berbaris yang rapih dengan siswa yang terkecil di depan dibuat dua baris terpisah antara perempuan dan laki-laki.  Siswa diharapkan tidak main-main atau berkelahi saat dilapangan khususnya saat pelajaran olahraga dikarenakan berakibat  sesuatu hal yang tidak diinginkan.

3. Cara murajaah
Dihari jumat biasanya murajaah dilaksanakn serelah tausiyah berlangsung.  Murajaah dikelas dipimipn oleh guru kelas dan diikuti oleh seluruh siswa.

4.Cara sholat dhuha
Sholat dhuha sudah dilaksanakan sejak beberapa hari setelah hari pertama masuk sekolah.  Akan tetapi, masih ada siswa yang belm mengerti gerakan sholat dengan tepat. Jadi, siswa masih akan terus dibimbing dari bacaan sholat, do'a setelah sholat, salam dengan teman.

5. Cara belajar dikelas
Pada pendidikan K-13 cara belajar yang diharapkan yaitu belajar yang menyenangkan. Belajar yang dimaksud akan bervariasi baik itu belajar berkelompok atau individu serta dapat diiringi dengan berbagai macam nyanyian. Dalam belajar dikelas juga guru menyisipka pendidikan karakter anak misal guru menggambarkan keadaan jika anak yang tidak mau menulis akan menjadi apa nantinya, akibat jika tidak selesai menulis,  bahkan jika bermain saat pelajaran berlangsung. (hal ini akan diulang-ulang dihari berikutnya sampai siswa paham)

6. Cara berteman dengan teman baru.
Guru akan mengajak siswa bagaimana cara berkenalan dengan bebeapa teman dikalasnya. Guru menjelaskan berteman tidak boleh memilih- milih teman, guru  menjelaskan cara agar siswa yang lain mau berteman, Serta tata cara perlaukuan siswa terhadap guru harus seperti apa.
Dalam hal ini. Dalam hal ini siswa akan diajak bermain bagaimana cara berkenalan sengan teman.
latihannya :
1).Siswa menyebutkn sebanyak-banyaknya teman yang ada dikelas.
2). Siswa menghitung berapa teman yang sudah kenal dan yang belum kenal.
3). Siswa menulis nama-nama yang guru imlakkan.

7. Tata cara pulang
Siswa akan dibimbing untuk tertib saat pulang dan membimbing untuk memeriksa apakah ada alat tulis atau makan yang tertinggal. Guru membimbing seorang ketua kelas atau wakilnya untuk memimpin bacaan doa mau pulang dan memimpin untuk mengucapkan salam dan berjabat serta mencium tangan guru satu persatu.

Masa perkenalan sekolahnya Alhamdulillah sudah terlaksana dengan baik. Minggu deoan siswa akan memulai pembelajaran yng ada dibuku.  Harapan kami sebagai guru siswa kelas 1 dapat mengikuti pelajaran yang akan dilaksanakan berikutnya.

MENGENAL LAGU MARS AL AZHAR LAMPUNG
SD AlAzhar 1 bandarlampung merupakan sekolah yang berada dibawah naungan yayasan Al Azhar Lampung.  Yayasan Al Azhar lampung memiliki lagu yang berjudul "Mars Al-aAzhar".  Tujuan diciptakan lagu Mars Al Azhar untuk memberi semangat kepada siswa dan guru agar semangat dalam menjalankan aktifitas belajar dan mengajar disekolah. Lagu mars Al Azhar lampung bersifat semangat dan riang. Berikut lirik lagu Mars Al Azhar :

Mars Al Azhar
Al azhar lampung yayasan pendidikan
Yang unggul islami terpercaya
Berakhlakul karimah dalam membangun bangsa
Mewujudkan bangsa sejahtera

Reff.  Sidiq,  Amanah. Tabliq , Fatonah
Istiqomah sikap yang mulia
Berpikir jernih
Berprilaju teladan
Cerdas percaya diri.

Marilah wahai guru dan siswa semuanya kita bersama bahu membahu
Membangun al azhar perguruan islami
Al azhar pilihan masyarakat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar