Selasa, 30 Juli 2019

Bernyanyi Sambil Mengenal Huruf


Hari  : Rabu, 31-07-2019
Kelas : 1D

Bernyanyi sambil Mengenal Huruf


Mengulang kembali pengenalan huruf pada masa perkenalan minggu kemarin.  Hanya saja pada saat pelajaran sakarang lebih mertuju kepada SK dan KD pada silabus dan RPP.

Kartu huruf merupakan abjad-abjad yang dituliskan pada potongan-potongan suatu media baik karton, kertas maupun papan tulis atau tripleks. Dalam kesematakkali ini media yang akan digunakn yaitu  karton dengan berbagai macamhuruf.  Potongan-potongan kartu huruf tersebut dapat dipindah-pindahkan sesuai keinginan pembuat suku kata, kata maupun kalimat.

Contoh yang akan dipelajari yaitu:
1.      N-A-M-A  = NAMA (dieja  N- A – NA , ---- M- A—MA)
Siswa mencari huruf sesuai dengan  nama  masing-masing siswa. Dala hal ini dituntuunjuk membuat nama lengkap
Contoh:  NAURA QURRATA AINI
2.      P-A-N-G-G-I-L-A-N =  PANGGILAN (dieja  P-A --- PA-  NG  ---PANG, --G-I—GI, L--- GIL, PANGGIL—A-N --- PANGGILAN
Siswa mencari huruf sesuai denan mama panggilannya.
Contoh: NAURA
3.      N-A-M-A—T-E-M-A-N= NAMA TEMAN  (dieja  N-A—NA, -- M-A-MA--- NAMA, T-E----TE, M-A—MA, --N----- TEMAN)
Siswa mencari 2 nama teman yang ada dikelas, nama yang dimaksud adalah nama panggilan saja.
Conoh :  PUTRI  dan  NAFIIS

Siswa akan diajak satu persatu kedepan  kelas untuk menunjukkan nama kartu yang dimaksd  kepada teman-temannya kemudian siswa menuliskan kembali dibuku terkait huruf yang ditunjukkannya. Penggunaan kartu huruf ini sangat menarik perhatian anak dan sangat mudah digunakan dalam pembelajaran membaca. Selain itu kartu huruf juga melatih kreatif siswa dalam menyusun kata-kata sesuai dengan keinginannya.

Bermain dan Mengenal Angka


Kartu diambil dari internet dan diprint lalu ditempel dikarton

 Media yang digunakan seperti yang tertera diatas dan ditempel dikarton  yang lebih tebal.  Kartu memang biasa juga digunakan siswa pra- sekolah dasar bahkan disekolah dasar khususnya ditingkatan kelas rendah pun  masih digunakan. Cara belajar dengan kartu angka/ bilangan yaitu :
1. Guru akan memperkanalkan bagaimana bentuk angka di mulai dari 0,1,2,3,4,5,6,7,8, sampai 9 dengan menunjukkan setiap kartu kepada siswa.
2. Kamudian guru  secara visual akan menuntun siswa menyebutkan satu per satu angka yang telah diperkanalkan.
3.  Guru akan menjelaskan kembali angka-angka tersebut dengan manggil bebarapa siswa untuk mencari angka yang dimaksudkan. Contoh: Guru menanyakan:  Angka delapan ( 8) Siswa menunjukkan : kartu dengan tulisan angka 8
4. Lalu, guru menulikan menuliskan angka dengan diberi kotak  tetapi ada salah satu kotaknya yang masih kosong  dipapan tulis, dan siswa akan  menulis kembali di buku tulisnya. Contoh: 0, 1, 2, 3,….., 5, 6,7,8,9,10 Jawaban:  4  Keterampilan yang dipelajari yaitu dapat mendukung aktifitas matematikanya  seperti :

  • pengenalan angka
  • menghitung,
  • mengurutkan angka.

 Hal ini dikarenakan angka selalu ditulis dalam penulisan nomor dalam laitahan –latihan berikutnya.  Contoh latihan yang dipelajari  Isilah titik-titik dibawah ini!
1. 0,1, 2, (….), 4,5,6,7,8,9,10
2. 0,1,2,3,4,5,6,(…..),8,9,10
3. 0, (….),2,3,4,5,6,7,8,9,10
4. (….),1,2,3,4,5,6,7,8,910
5. 0,1,2,3,4,5,6,7,8 (…..), 10


Tidak ada komentar:

Posting Komentar