Hari : Rabu, 31-07-2019
Kelas : 1D
Bernyanyi sambil Mengenal Huruf
Kartu huruf merupakan abjad-abjad yang dituliskan pada potongan-potongan suatu media baik karton, kertas maupun papan tulis atau tripleks. Dalam kesematakkali ini media yang akan digunakn yaitu karton dengan berbagai macamhuruf. Potongan-potongan kartu huruf tersebut dapat dipindah-pindahkan sesuai keinginan pembuat suku kata, kata maupun kalimat.
Contoh yang akan dipelajari yaitu:
1. N-A-M-A = NAMA (dieja N- A – NA , ---- M- A—MA)
Siswa mencari huruf sesuai dengan nama masing-masing siswa. Dala hal ini dituntuunjuk membuat nama lengkap
Contoh: NAURA QURRATA AINI
2. P-A-N-G-G-I-L-A-N = PANGGILAN (dieja P-A --- PA- NG ---PANG, --G-I—GI, L--- GIL, PANGGIL—A-N --- PANGGILAN
Siswa mencari huruf sesuai denan mama panggilannya.
Contoh: NAURA
3. N-A-M-A—T-E-M-A-N= NAMA TEMAN (dieja N-A—NA, -- M-A-MA--- NAMA, T-E----TE, M-A—MA, --N----- TEMAN)
Siswa mencari 2 nama teman yang ada dikelas, nama yang dimaksud adalah nama panggilan saja.
Conoh : PUTRI dan NAFIIS
Siswa akan diajak satu persatu kedepan kelas untuk menunjukkan nama kartu yang dimaksd kepada teman-temannya kemudian siswa menuliskan kembali dibuku terkait huruf yang ditunjukkannya. Penggunaan kartu huruf ini sangat menarik perhatian anak dan sangat mudah digunakan dalam pembelajaran membaca. Selain itu kartu huruf juga melatih kreatif siswa dalam menyusun kata-kata sesuai dengan keinginannya.
Bermain dan Mengenal Angka
Kartu diambil dari internet dan diprint lalu ditempel dikarton
Media yang digunakan seperti yang tertera diatas dan ditempel dikarton yang lebih tebal. Kartu memang biasa juga digunakan siswa pra- sekolah dasar bahkan disekolah dasar khususnya ditingkatan kelas rendah pun masih digunakan. Cara belajar dengan kartu angka/ bilangan yaitu :
1. Guru akan memperkanalkan bagaimana bentuk angka di mulai dari 0,1,2,3,4,5,6,7,8, sampai 9 dengan menunjukkan setiap kartu kepada siswa.
2. Kamudian guru secara visual akan menuntun siswa menyebutkan satu per satu angka yang telah diperkanalkan.
3. Guru akan menjelaskan kembali angka-angka tersebut dengan manggil bebarapa siswa untuk mencari angka yang dimaksudkan. Contoh: Guru menanyakan: Angka delapan ( 8) Siswa menunjukkan : kartu dengan tulisan angka 8
4. Lalu, guru menulikan menuliskan angka dengan diberi kotak tetapi ada salah satu kotaknya yang masih kosong dipapan tulis, dan siswa akan menulis kembali di buku tulisnya. Contoh: 0, 1, 2, 3,….., 5, 6,7,8,9,10 Jawaban: 4 Keterampilan yang dipelajari yaitu dapat mendukung aktifitas matematikanya seperti :
- pengenalan angka
- menghitung,
- mengurutkan angka.
Hal ini dikarenakan angka selalu ditulis dalam penulisan nomor dalam laitahan –latihan berikutnya. Contoh latihan yang dipelajari Isilah titik-titik dibawah ini!
1. 0,1, 2, (….), 4,5,6,7,8,9,10
2. 0,1,2,3,4,5,6,(…..),8,9,10
3. 0, (….),2,3,4,5,6,7,8,9,10
4. (….),1,2,3,4,5,6,7,8,910
5. 0,1,2,3,4,5,6,7,8 (…..), 10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar