MATERI AJAR
Hari/ Tanggal : Kamis, 25-07-2019
Kelas : 1D
Semester : 1 (Satu)
BERMAIN DAN PENGENALAN ANGKA
Masih berdasarkan permendikbud republik Indonesia Nomor. 18 tahun 2016 tentang pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru. Sebelumnya, dihari rabu telah dilaksanakan pengenalan huruf dengan respon dari siswa cukup bagus dimana guru dapat mengetahui siswa yang sudah mengenal huruf bahkan menggabungkan huruf demi huruf serta siswa yang belum mengenal huruf. Pembahasan dihari ini tentang pengenalan angka dengan kartu angka/ bialngan dengan tujuan yang sama yakni untuk mengetahui sejauh mana pengenalan siswa tentang angka atau sering disebut dengan bilangan. Berikut contoh kartu angka yang digunakan:
Kartu diambil dari internet dan diprint lalu ditempel dikarton |
Media yang digunakan seperti yang tertera diatas dan ditempel dikarton yang lebih tebal. Kartu memang biasa juga digunakan siswa pra- sekolah dasar bahkan disekolah dasar khususnya ditingkatan kelas rendah pun masih digunakan.
Cara belajar dengan kartu angka/ bilangan yaitu :
1. Guru akan memperkanalkan bagaimana bentuk angka di mulai dari 0,1,2,3,4,5,6,7,8, sampai 9 dengan menunjukkan setiap kartu kepada siswa.
2. Kamudian guru secara visual akan menuntun siswa menyebutkan satu per satu angka yang telah diperkanalkan.
3. Guru akan menjelaskan kembali angka-angka tersebut dengan manggil bebarapa siswa untuk mencari angka yang dimaksudkan.
Contoh:
Guru menanyakan: Angka delapan ( 8)
Siswa menunjukkan : kartu dengan tulisan angka 8
5. Lalu, guru menulikan menuliskan angka dengan diberi kotak tetapi ada salah satu kotaknya yang masih kosong dipapan tulis, dan siswa akan menulis kembali di buku tulisnya.
Contoh: 0, 1, 2, 3,….., 5, 6,7,8,9,10
Jawaban: 4
Keterampilan yang dipelajari yaitu dapat mendukung aktifitas matematikanya seperti :
- pengenalan angka
- menghitung,
- mengurutkan angka.
Hal ini dikarenakan angka selalu ditulis dalam penulisan nomor dalam laitahan –latihan berikutnya.
Contoh latihan yang dipelajari
Isilah titik-titik dibawah ini!
1. 0,1, 2, (….), 4,5,6,7,8,9,10
2. 0,1,2,3,4,5,6,(…..),8,9,10
3. 0, (….),2,3,4,5,6,7,8,9,10
4. (….),1,2,3,4,5,6,7,8,910
5. 0,1,2,3,4,5,6,7,8 (…..), 10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar