Rabu, 31 Juli 2019

Mengenal Lambang dan Nama Bilangan


BAHAN AJAR

Hari/tanggal.      : Kamis/ 1 Agustus 2019
Kelas       : 1 ( satu )
Tema /Subtema : Diriku / Aku dan Teman Baru

Mengenal Lambang dan Nama Bilangan


A. Lambang Bilangan
Suatu bilangan mewakili banyaknya benda. Simbol dari suatu bilangan
disebut lambang bilangan. Kita bisa membaca dan menulis lambang
bilangan dengan gambar.

B. Nama Bilangan
Nama bilangan adalah sebutan untuk suatu angka.
Contoh lambang dan nama bilangan untuk satuan:

Lambang Bilangan Nama Bilangan
1 =  Satu
2 =  Dua
3 = Tiga
4 =  Empat
5 =  Lima
6 = Enam
7 = Tujuh
8 = Delapan
9 = Sembilan
10 = Sepuluh

Cara pengucapan
Bunyi konsonan terjadi karena penghambatan udara pada daerah artikulasi (alat bicara). Secara spesifik, konsonan dapat diucapkan dengan cara sebagai berikut:
Desis (frikatif): terjadi karena udara dipaksa keluar melalui celah sempit yang disebabkan oleh dua artikulator (misalnya bibir atas dan bibir bawah, lidah, dan langit-langit). Desis alur terjadi karena udara dipaksa keluar melalui celah sempit dan lidah menggulung untuk mengarahkan udara di tepi gigi. Contohnya konsonan [s] dan [z].
Getar: terjadi karena penggetaran daerah artikulasi aktif (lidah dan bibir). Contoh konsonan getar adalah [B] (getar bibir), [r] (getar langit-langit).
Hampiran: terjadi karena artikulator (misalnya lidah dan langitlangit) saling mendekati namun tidak cukup sempit, atau dengan tekanan artikulatoris yang cukup. Jadi, hampiran jatuh antara desis dan vokal. Contohnya adalah konsonan [v], [j], dan [w]. Jika saat pengucapan konsonan hampiran lidah menyentuh langit-langit, maka terjadilah hampiran-sisi, contohnya adalah konsonan [l].
Letup (eksplosif): terjadi karena penghentian aliran udara di daerah artikulasi tertentu, sehingga udara terhambat dan menciptakan suatu bunyi. Misalnya konsonan [t] dan [d] di daerah rongga-gigi, dan konsonan [b] dan [p] di daerah bibir.
Sengau (nasal): terjadi bila jalur udara dihambat di daerah artikulasi, namun udara berhasil keluar melalui hidung. Dalam istilah sederhana, konsonan sengau terjadi karena udara keluar melalui hidung. Jadi, konsonan sengau tidak bisa berbunyi sempurna jika hidung ditutup. Lawan dari konsonan sengau adalah konsonan oral, di mana udara dikeluarkan melalui mulut. Contoh konsonan sengau adalah [m] dan [n].
Membilang benda dari 1 sampai dengan 10. Lalu cocokkan dengan lambang bilangannya.

1. Pasangkan gambar dengan lambang bilangannya.


Melengkapi Huruf yang Hilang
Perhatikan nama teman Siti.
Amati huruf-hurufnya.
Huruf apakah yang hilang?
Lingkari huruf yang hilang dari nama teman Siti.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar