Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung
Kelas / Semester : V (Lima) / 2
Tema 8 : Lingkungan Sahabat Kita
Sub Tema 1 : Manusia dan Lingkungan
Pembelajaran : 4
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia dan IPA
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. .Melalui kegiatan mengamati bacaan, siswa mampu menjelaskan jenisjenis usaha masyarakat dalam bentuk peta pikiran.
Melalui kegiatan berdiskusi, siswa dapat mengidentifikasi keragaman sosial di lingkungan sekitarnya berdasarkan jenis usaha.
Melalui kegiatan menulis, siswa dapat menyatakan sikapnya terhadap keragaman jenis usaha dari keluarga teman-teman sekelasnya.
Assalamualaikum semuanya.
Kali ini Bu guru akan menampilkan blogger untuk materi yang akan kita bahas .
Blogger ini Bu guru buat agar ananda dirumah dapat mempelajari kembali dan juga bagi yang tertinggal dapat menyatat atau mempelajari yang kelupaan.
Mari kita mulai!
- Memiliki modal besar
- Memiliki tenaga kerja andal
- Mengolah bahan baku menjadi barang jadi atau setengah jadi,
- Berusaha menghasilkan produk yang berkualitas,
- Menyediakan layanan purnajual.
- Mempunyai tempat penyimpan barang yang dibeli dari produsen sebelum dijual lagi kepada pengguna (konsumen)
- Mengemas barang dagangan dengan baik dan menarik bagi konsumen
- Menyediakan kemudahan layanan bagi konsumen dalam memperoleh dan membayar barang dagangan
- Mengutamakan layanan yang baik kepada konsumen
- Membutuhkan keahlian khusus sesuai jasa yang ditawarkan
- Menjaga loyalitas (kesetiaan) pelanggan.
No. | Nama Siswa | Usaha Keluarga | Manfaat |
---|---|---|---|
1. | Edo | Jasa (dokter) | Pelayanan kesehatan |
2. | Udin | Perdagangan (pedagang sayur) | Distribusi barang |
3. | Dayu | Pertanian (petani) | Penyediaan bahan pangan |
4. | Beni | Perkebunan (kopi) | Penyediaan bahan pangan |
5. | Lani | Jasa (ojek online) | Pelayanan transportasi |
6. | Siti | Perikanan (nelayan) | Penyediaan bahan pangan |
7. | Budi | Peternakan (ternak ayam) | Penyediaan bahan pangan |
8. | Wawan | Perindustrian (genteng) | Penyediaan bahan bangunan |
9. | Hasan | Perdagangan (pedagang buah-buahan) | Penyediaan bahan pangan |
10. | Agus | Jasa (Montir mobil) | Pelayanan otomotif |
11. | Husein | Perindustrian (keramik) | Penyediaan bahan bangunan |
12. | Bastian | Perkebunan (kelapa sawit) | Penyediaan bahan makanan |
13. | Julian | Peternakan (sapi) | Penyediaan bahan pangan |
14. | Asep | Pertanian (sayuran) | Penyediaan bahan makanan |
No. | Jenis Usaha | Banyaknya |
---|---|---|
1. | Pertanian | 2 |
2. | Peternakan | 2 |
3. | Perikanan | 1 |
4. | Perkebunan | 2 |
5. | Perdagangan | 2 |
6. | Perindustrian | 2 |
7. | Jasa | 3 |
Jenis udaha yang paling sedkit adalah perikanan (1 orang)
Jenis usaha yang paling banyak adalah jasa (3 orang)
Pelaku setiap jenis usaha akan memperoleh keuntungan berupa penghasilan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup, bahkan mungkin meningkatkan taraf hidup keluarganya.
Sikapku terhadap keragaman jenis usaha warga masyarakat di sekitarku: |
---|
|
Pengetahuan yang saya pelajari hari ini adalah jenis-jenis usaha masyarakat, dan keragaman sosial masyarakat
Hari ini saya belajar keterampilan membuat peta pikiran, dan membuat laporan
Hari ini saya belajar tentang sikap teliti dalam membaca teks, menghargai perbedaan pendapat denganorang lain, dan toleransi atas keragaman sosial.
Dengan pengetahuan, keterampilan dan sikapku saya akan lebih menghargai keragaman sosial yang ada di lingkungan sekitarku.
Perhatikan gambar berikut! Sebutkan gambar yang berupa jaring-jaring kubus!
Gambar yang merupakan jaring-jaring kubus adalah : a, c, d, dan e.
2. Apabila jaring-jaring bangun berikut dilipat atau dipasang hingga membentuk bangun ruang, sisi yang dilabel nomor berapakah yang berhadapan dengan sisi yang berwarna biru?
a. 2, b. 1, c. 4, dan d. 3.
3.Gambar yang mana sajakah berupa jaring-jaring balok?
Gambar yang merupakan jaring-jaring balok adalah c.
4. Apabila jaring-jaring bangun berikut dilipat atau dipasang, ada sisi-sisi yang saling bertumpuk. Sisi-sisi nomor berapakah itu?
Sisi sisi yang saling bertumpuk adalah :a. 5 dan 6 b. 1 dan 2 c. 5 dan 6.
5. Volume balok 1.785 dm³ . Luas alasnya 105 dm² . Tinggi balok tersebut adalah ... dm.
Diketahui:
Volume balok = 1.785 dm³
Luas alas = 105 dm²
Ditanya:
Tinggi balok
Jawab:
Gunakan rumus
Tinggi = Volume : Luas alas
= 1.785 dm³ : 105 dm²
= 17 dm.
Jadi, Tinggi balok tersebut adalah 17 dm.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar