Kelas / Semester : V (Lima) / 2
Tema 7 : Peristiwa Dalam Kehidupan
Sub Tema 3 : Peristiwa Mengisi kemerdekaan
Pembelajaran : 6
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi cara-cara menghargai jasa para pahlawan dengan penuh kepedulian.
Dengan berlatih, siswa dapat menanggapi berbagai permasalahan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh tanggung jawab.
Dengan berlatih, siswa dapat membuat gambar ragam daerah dengan penuh tanggung jawab.
Assalamualaikum semuanya.
Kali ini Bu guru akan menampilkan blogger untuk materi yang akan kita bahas .
Blogger ini Bu guru buat agar ananda dirumah dapat mempelajari kembali dan juga bagi yang tertinggal dapat menyatat atau mempelajari yang kelupaan.
Mari kita mulai!
Seandainya menjadi Heru sebaiknya memaafkan apa yang dilakukan oleh Bambang karena bambang melakukan hal tersebut tidak disengaja.
Jika kamu menjadi Bambang, tindakan apakah yang akan kamu lakukan kepada Heru?
Seandainya menjadi bambang tentunya akan meminta maaf kepada Heru, dan menjelaskan bahwa apa yang dilakukan tersebut tidak disengaja.
2. Di kelasmu sering diadakan ulangan harian. Pernahkah kamu mendapat nilai yang kamu harapkan dan nilai yang tidak kamu harapkan? Bagaimana sikapmu ketika mendapat nilai yang kamu harapkan?
Jika nilai yang diperoleh tidak sesuai harapan maka jadikan hasil tersebut sebagai pelajaran agar pada ulangan yang akan datang memperoleh nilai yang lebih baik..
Bagaimana sikapmu ketika mendapat nilai yang tidak kamu harapkan
Jika nilai yang kita peroleh sesuai harapan maka kita patut bersyukur. Nilai yang diperoleh saat ini dijadikan penyemangat agar lebih giat belajar.
3. Di kelasmu, akan diadakan ulangan. Kamu ingin mendapat nilai bagus. Karena itu, kamu pun belajar dengan tekun. Bagaimana sikapmu saat menghadapi ulangan? Apa alasannya?
Untuk menghadapi ulangan harus belajar dengan tekun agar nilai yang diperoleh sesuai dengan harapan.
Jika ada temanmu yang meminta jawabanmu, apakah kamu rela memberikannya? Mengapa demikian?
Jika ada teman yang meminta jawaban sebaiknya ditolak karena pada saat ulangan tidak boleh bekerja sama,
4. Setiap berangkat ke sekolah, Andi dan Agus selalu bersama-sama. Mereka berjalan kaki. Saat berjalan kaki, tiba-tiba seorang nenek jatuh persis di hadapan mereka. Agus dan Andi terus berjalan karena takut terlambat masuk sekolah. Padahal, nenek itu membutuhkan pertolongan mereka untuk bisa berdiri. Apakah sikap Andi dan Agus mencerminkan sikap rela berkorban? Mengapa?
Sikap yang ditunjukkan Andi dan Agus belum menunjukkan sikap rela berkorban karena tidak mau menolong seorang nenek yang membutuhkan pertolongan.
Jika kamu menjadi Agus atau Andi, tindakan apa yang akan kamu lakukan?
Jika melihat ada seorang nenek yang terjatuh sebaiknya kita menolongnya. Jika karena menolong nenek tersebut menjadi terlambat kita bisa menjelaskan alasan kepada guru mengapa terlambat.
5. Saat Pak Guru sedang menjelaskan di depan kelas, ada dua orang temanmu yang asyik berbicara sendiri. Mereka tidak memperhatikan penjelasan Pak Guru. Bagaimana sikapmu terhadap dua temanmu itu? Mengapa demikian?
Jika ada teman yang berbicara sendiri sebaiknya ditegur karena mereka tidak menghargai Pak Guru yang sedang menjelaskan pelajaran. Selain itu apa yang mereka lakukan juga mengganggu teman lain yang sedang serius mendengarkan.
Bagaimana sikap yang seharusnya dilakukan oleh kedua temanmu saat Pak Guru sedang mengajar? Mengapa demikian?
Pada saat Pak Guru menjelaskan sebaiknya mereka mendengarkan apa yang disampaikan karena apa yang disampaikan Pak Guru sangat penting.
No. | Perilaku dalam Pembiasaan | Pelaksanaan | |
---|---|---|---|
Sudah | Belum | ||
1. | Berani mengakui kesalahan yang dilakukan (berani) | √ | - |
2. | Membantu mereka yang kesusahan (rela berlorban) | √ | - |
3. | Tidak melakukan perbuatan tercela yang merugikan orang lain (membela kebenaran dan keadilan) | √ | - |
4. | Bangga menjadi orang Indonesia (Cinta tanah air) | √ | - |
5. | Tidak putus asa saat mengalami kegagalan berkali-kali (berjiwa besar) | √ | - |
6. | Gotong royong membersihkan rumah setiap akhir pekan (kerja sama dan tanggung jawab) | √ | - |
7. | Memupuk rasa tanggung jawab dan saling menghargai lewat berbagai kegiatan sehari-hari. (menjaga persatuan dan kesatuan) | √ | - |
Matematika
Lanjutan materi sebelumnya
Latihan soal
1. Dayu menambah lagi 12.000 cm³ hingga bak mandi tersebut penuh. Berapa cm panjang sisi bak mandi tersebut?
Sebelum dijumlahkan, konversikan terlebih dahulu satuan m³ ke dalam cm³ agar memudahkan perhitungan.
1 m³ = 1.000.000 cm³
0,5 m³ = 500.000 cm³.
Maka, isi atau volume bak mandi kubus tersebut adalah 500.000 cm³ + 12.000 cm³
= 512.000 cm³.
Volume bak mandi kubus = s³
512.000 = s³
80³ = s³
s = panjang sisi bak mandi = 80 cm
2. Sebuah akuarium berbentuk balok dengan ukuran panjang 150 cm, lebar 80 cm, dan tinggi 60 cm. Akuarium tersebut telah terisi 1/5 bagian. Berapa liter volume akuarium tersebut?
V = | 1 | x 150 x 80 x 60 |
5 |
V = | 1 | x 720.000 |
5 |
= 144.000 cm³
3. Sebuah kaleng berbentuk tabung dengan jari-jarinya adalah 20 cm dan tinggi 30 cm. Tentukan volume air yang dapat dimasukkan ke dalam kaleng tersebut!
Diketahui :
Jari-jari = 20 cm
Tinggi tabung 30 cm
Volume = | 3, 14 x 20 x 20 x 30 |
= 1.256 x 30
= 37.680 cm³
4. Atap rumah Beni berbentuk prisma segitiga yang panjangnya 20 m, lebarnya 8 m dan tinggi 2 m. Tentukan volume atap rumah tersebut!
Diketahui :
Alas segitiga = 8 m
Tinggi segitig = 2 m
Tinggi Prisma = 20 m
V = | 8 x 2 | x 20 = 8 x 20 = 160 m³ |
2 |
5. Hitunglah volume bangun berikut!
Diketahui :
Alas segitiga = 5 cm
Tinggi segitiga =12 cm
Tinggi prisma = 20 cm
V = | 12 x 5 | x 20 = 30 x 20 = 600 cm³ |
2 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar