Senin, 13 Februari 2023

Materi Ajar, Selasa 14 Febuari 2023

  Kelas / Semester  : V (Lima) / 2

Tema 7 : Peristiwa Dalam Kehidupan

Sub Tema 3 : Peristiwa Mengisi kemerdekaan

Pembelajaran : 1

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.Dengan berlatih, siswa dapat membuat undangan dengan penggunaan ejaan yang tepat dengan penuh percaya diri..

2. Dengan mengetahui evaluasi, siswa dapat menentukan volume kubus dan balok dengan tepat. 

3. Dengan disajikan gambar, siswa dapat menentukan jaring jaring kubus dan balok dengan benar.


Assalamualaikum semuanya.

Kali ini Bu guru akan menampilkan blogger untuk materi yang akan kita bahas .

Blogger ini Bu guru buat agar ananda dirumah dapat mempelajari kembali dan juga bagi yang tertinggal dapat menyatat atau mempelajari yang kelupaan.

Mari kita mulai!

 

Tahukah Kamu?
Surat Undangan
Surat undangan merupakan surat yang berisi pemberitahuan dan permintaan kesediaan seseorang untuk menghadiri suatu acara atau kegiatan. Kalimat yang digunakan dalam undangan haruslah efektif, yaitu singkat, padat, dan jelas. Tujuannya agar orang yang membacanya dapat segera mengerti isinya. Surat undangan dibedakan atas 3 jenis, yaitu sebagai berikut.

1. Undangan resmi
Undangan yang mengatasnamakan sebuah instansi atau organisasi dan kedinasan. Biasanya dipergunakan untuk kepentingan kedinasan.

2. Undangan setengah resmi
Undangan yang mengatasnamakan perorangan yang ditujukan ke perorangan maupun instansi atau organisasi.

3. Undangan tidak resmi
Undangan yang mengatasnamakan perorangan yang ditujukan kepada perorangan untuk kepentingan perorangan, seperti undangan ulang tahun, undangan perayaan kelahiran.

Ayo Mengamati
Perhatikan kembali surat undangan yang diterima ayah Beni. Menurutmu, termasuk jenis surat undangan yang manakah surat tersebut? Jelaskan.
 
Surat undangan yang diterima ayah Beni termasuk jenis surat undangan resmi. Termasuk undangan resmi karena yang mengundang ayah Beni mengatasnamakan organisasi, yaitu Kelurahan Senja Kecamatan Lembayung.

Kamu telah mengatahui jenis-jenis surat. Setiap jenis surat memuat bagianbagian surat. Secara umum, inilah gambaran bagian-bagian yang ada dalam suatu surat.
Surat Resmi
1. Kop Surat
Kop surat berisikan identitas lembaga yang menulis surat tersebut. Biasanya disertai dengan logo lembaga, alamat dan nomor telepon dari lembaga resmi tersebut. Bahkan ada juga lembaga yang menyertakan dengan alamat email dari lembaga.

2. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat
Tempat dan tanggal pembuatan surat pada surat undangan resmi akan diertakan tempat dan tanggal pembuatan surat tersebut. Format penulisan tanggal pada surat resmi yang benar, misalnya Jakarta, 07 September 2017.

3. Nomor surat
Nomor surat adalah sebuah tanda berupa angka atau gabungan angka huruf yang dicantumkan pada surat dari suatu organisasi, instansi, atau badan usaha, sesuai dengan nomor berkas atau buku agenda surat keluar yang bertalian dengan surat tertentu. Biasanya meliputi nomor urut penulisan surat, kode surat, tanggal, bulan dan tahun penulisan surat. Misalnya sebagai berikut : A.001/Pan-Pel/AKB/I/2018

4. Hal Surat
Hal surat disebut pula perihal surat atau pokok surat.

5. Alamat surat
Nama dan alamat yang akan dikirimi surat tertuang pada bagian ini.

6. Salam pembuka
Salam pembuka pada surat undangan resmi selalu ditulis pada bagian kiri. Huruf pertama salam pembuka menggunakan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda koma.

7. Isi surat
Pada bagian surat undangan resmi ini berisikan waktu, tempat, serta acara undangan tersebut.

8. Penutup
Pada bagian putup surat undangan resmi berisikan ucapan terimakasih.

9. Salam penutup
Salam penutup pada surat undangan resmi biasanya dibuat pada bagian bawah sebelah kiri. Salam penutup ini pada awal kata ditulis dengan huruf kapital.

10. Nama pengirim surat
Nama pengirim surat undangan resmi ini tertulis dibagian bawah kiri. Bisanya surat undangan resmi dilengkapi dengan tanda tangan dan disertai dengan cap atau stempel lembaga.
 
Pernahkah kamu melihat surat undangan yang diterima ayah atau ibumu? Dapatkah kamu menentukan bagian-bagian di dalamnya? Perhatikan beberapa contoh surat undangan berikut, lalu lakukanlah petunjuk kegiatannya.
1. Tandai dengan warna merah untuk contoh undangan resmi.
2. Tandai dengan warna kuning untuk contoh undangan setengah resmi.
3. Tandai dengan warna biru untuk contoh tidak undangan resmi.
Surat Undangan
Ayo Berdiskusi
Bersama temanmu, diskusikan persamaan dan perbedaan antara undangan resmi, setengah resmi, dan tidak resmi dengan menggunakan tabel di bawah ini!
Persamaan dan Perbedaan Undangan Resmi, Setengah Resmi, dan Tidak Resmi
Jenis UndanganPersamaanPerbedaan
ResmiBerisi pemberitahuan dan permintaan kesediaan seseorang untuk menghadiri suatu acara atau kegiatan. Kalimat yang digunakan dalam undangan harus efektifMengatasnamakan sebuah instansi atau organisasi dan kedinasan. Biasanya, dipergunakan untuk kepentingan kedinasan.
Setengah ResmiMengatasnamakan perorangan yang ditujukan ke perorangan maupun instansi atau organisasi untuk kepentingan setengah resmi.
Tidak ResmiMengatasnamakan perorangan yang ditujukan kepada perorangan untuk kepentingan perorangan, seperti undangan ulang tahun.


Matematika

1. Jaring-Jaring Balok
Jaring-jaring balok merupakan gabungan dari bidang datar segi empat yang apabila dirangkaikan akan membentuk sebuah balok. Balok sedikitnya memiliki dua pasang sisi yang berbentuk persegi panjang dan hanya sisi-sisinya yang berhadapan yang memilki bentuk dan ukuran yang sama.
Jaring Balok

Jaring-jaring balok pada dasarnya sama seperti jaring-jaring kubus. Hanya pada balok dapat saja seluruh sisinya tidak berbentuk persegi tapi gabungan antara persegi dengan persegi panjang atau persegi panjang dengan persegi panjang. Jaring-jaring balok lebih banyak variasinya daripada jaring-jaring kubus. Jaring-jaring balok ada 54 macam. Berikut ini beberapa contoh jaring-jaring balok.
Jaring Balok

2. Jaring-Jaring kubus
kubus merupakan bangun ruang istimewa karena dibentuk oleh enam sisi bangun datar yang kongruen (persegi) sehingga jaring-jaringnya pun akan merupakan rangkaian enam buah persegi.

Kubus memiliki 6 sisi yang berbentuk persegi. Cara membuat jaring-jaring kubus, yaitu dengan membuka kubus pada rusuk-rusuknya. Memiliki 6 sisi, memiliki 8 titik sudut, memiliki 12 rusuk, dan semua sisinya berbentuk persegi. Perhatikan gambar berikut ini.
Jaring Kubus
Ada sebelas macam variasi dari jaring-jaring kubus, masing-masing terdiri dari enam buah persegi kongruen yang saling berhubungan.
 Kesebelas jaring-jaring kubus tersebut antara lain sebagai berikut.
Jaring Kubus


Tugas evaluasi:


Menentukan volume balok 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar