Materi Ajar
Hari/ Tanggal. : Kamis, 2 September 2021
Kelas / Semester : 2 /1
Tema : Bermain di lingkunganku
Sub Tema : Bermain di lingkungan Sekolah
pembelajaran : 5
Asslaamualaikum anak soleh dan solehah
Pada Pembelajaran 5 Tema 2 Subtema 3 Bermain di Lingkungan Sekolah akan mempelajari tentang menjelaskan prosedur dan mempraktekan variasi gerakan memutar badan tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. Mengidentifikasi dan mensimulasikan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Mengelompokkan berbagai hal yang harus dan tidak boleh dilakukan dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan berkaitan dengan keragaman benda di sekitar dalam bahasa lisan. Menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan ejaan yang tepat. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Mey dan Dayu terlambat mengikut kegiatan oleh raga sehingga dinasehati Pak Guru
Kita tidak boleh meniru mereka.
Pernah
Gerakan memutar badan tanpa berpindah tempat
- Kita berbaris dan terdapat dua baris yang berjarak antara satu baris dengan baris lainya
- Bola diberikan kepada kepala tim di barisan paling depan.
- Bola yang dipegang harus diberikan kepada teman di belakang dengan memutar badan kita.
- Kaki tidak boleh berpindah saat memberikan bola kepada teman
- Tim harus bekerja sama dan hati-hati.
Ayo Membaca
Beni | : | Dayu, mengapa kamu terlambat? |
Dayu | : | Saya jajan dulu. |
Beni | : | Wah, jajan kan ada waktunya! Kemudian, mengapa kamu membuang sampah sembarangan? Ada tempat sampah di sana |
Dayu | : | Ah, terlalu jauh! Jadi, biarkan sajalah! |
Beni | : | Itu kan bagian dari tata tertib di sekolah kita, Dayu. Menurut tata tertib di sekolah kita, semua murid wajib membuang sampah di tempat sampah. |
- Dalam tata tertib upacara bendera, semua murid wajib mengikuti upacara bendera pada hari Senin.
- Setiap peserta upacara harus tertib, tidak boleh berisik.
- Sementara itu, dalam tata tertib di kelas, kita harus datang ke sekolah sebelum pembelajaran dimulai.
- Sebelum masuk ke kelas, kita harus berbaris dengan rapi di depan kelas.
- Setelah tanda bel masuk dibunyikan, semua siswa harus sudah berada di kelas.
- Kita diharuskan berdoa sebelum pelajaran dimulai dan setelah pelajaran berakhir dipimpin oleh ketua kelas.
- Kebersihan, kerapian, dan keindahan kelas menjadi tanggung jawab ketua kelas dan seluruh siswa.
- Siswa yang bertugas piket pada hari itu wajib menyirami tanaman yang berada di depan kelasnya.
- Setiap siswa harus berperilaku senyum, salam, sapa, sopan, dan santun
- Apa yang dilakukan oleh Dayu? (Membuang sampah sembarangan)
- Siapa yang harus mengikuti upacara bendera hari Senin? (Semua siswa)
- Di mana seabiknya membuang sampah? (Tempat sampah)
- Kapan kita harus membaca doa di kelas? (Saat memulai dan mengakhiri pembelajaran)
- Mengapa setiap peserta upacara harus tertib, tidak boleh berisik.? (Supaya upacara berjalan dengan tertub)
- Bagaimana cara agar kita tidak terlambat datang ke sekolah? (Kita harus datang ke sekolah lebih awal)
Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi teks yang kamu dengar!
Dayu dan Mey terlambat
Bola diberikan kepada kepala tim di depan. Bola yang dipegang harus diberikan kepada teman di belakang dengan memutar badan tanpa memindahkan kaki
Kerja sama dan hati-hati
Jika bola yang dipegang diberikan kepada teman di belakang dengan tidak memutar badan atau memindahkan kaki, maka tim yang salah harus diulang.
Karena tim Beni bekerja sama dan hati-hati
1. Nama benda : BolaCiri-ciri benda : Berbentuk bulat, memiliki bagian dalam yang kosong berisi angin. Bola diciptakan untuk menghadirkan efek areodinamis yang tepat dan meningkatkan persisi tendangan para pemain sepak bola.2. Nama benda : BukuCiri-ciri benda : Ciri-ciri buku secara umum berbentuk persegi panjang, di dalamnya terdapat kertas dan memiliki sampul. Buku digunakan untuk menulis atau menggambar.3. Nama benda : PensilCiri-ciri benda : Terbuat dari bahan kayu, terdapat granit. Bentuk pensil tabung atau silinder, digunakan pada kertas, bisa dihapus dengan karet.
Setiap benda memiliki nama, ciri-ciri, bentuk dan kegunaan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya
Kerja Sama dengan Orang Tua
Tidak ada komentar:
Posting Komentar