Selasa, 21 September 2021

Materi Ajar Rabu. 22 September 2021

 Assalamualaikum anak soleh dan solehah

Apa kabar semuanya? 
Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT.
Pagi ini bu guru mengingatkan kembali untuk tetap menjaga kesehatan dan tentunya jangan lupa ibadahnya ya 😘

Sholat sunah seperti sholat dhuha serta murajaah untuk pagi ini selalu tetap dlaksanakan

Pada Pembelajaran 3 Tema 3 Subtema 2 Tugasku Sehari-hari di Sekolah akan mempelajari tentang memahami isi teks dan menemukan kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah. Menentukan makna kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah. Membedakan dan mengelompokkan individu berdasarkan warna kegemaran di sekolah. Meenyebutkan nilai pecahan uang kertas yang setara dan menukar nilai pecahan uang kertas yang setara. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja saat mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.


Menabung di Sekolah
Menabung di Sekolah
Siswa dapat menabungkan uangnya di sekolah.

Setiap siswa mendapatkan buku tabungan.

Uang tabungan siswa tersimpan aman oleh ibu guru di sekolah.

Uang tabungan dapat diambil setiap saat.

Hari ini, Siti menabung di sekolah. Setiap hari, Siti mendapat uang saku.

Uang tersebut selalu dihemat.

Jika ada sisa, uang saku Siti ditabung.

Siti ingin menggunakan uang tabungan untuk membeli buku dan tas.

Siti adalah siswa yang gemar menabung.

Ayo Membaca
Bacalah teks di atas dengan lafal dan intonasi yang jelas!

Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Setiap hari, Siti mendapat…
Uang jajan
2. Hari ini, Siti … di sekolah. .
Menabung
3. Siti ingin membeli … dan … dari uang tabungannya.
Buku dan tas
4. Setiap siswa mendapat buku ….
Tabungan
5. Siti selalu … uang sakunya.
Menghemat

Siti menabung 2 lembar uang seribuan.

Nilai uang Siti adalah Rp2.000,00.

Mengenal Nilai Kelompok Pecahan Uang

GambarNilai UangDitulis
Uang dua ribu
Rp2.000,00dua ribu rupiah
Uang Tiga Ribu
Rp3.000,00tiga ribu rupiah
Uang Tiga Ribuan
Rp3.000,00tiga ribu rupiah

Ayo Berlatih
Tentukan nilai pecahan uang berikut!
GambarNilai UangDitulis
Dua Ribu
Rp2.000,00dua ribu rupiah
Liam Ribu
Rp5.000,00lima ribu rupiah
empat ribu
Rp4.000,00empat ribu rupiah
Tiga Ribu
Rp3.000,00tiga ribu rupiah

Pasangkan kelompok nilai uang berikut yang bernilai sama!
Pasangan Nilai Uang
Siti ingin menukar beberapa pecahan uangnya.

Pecahan uang dapat ditukar dengan pecahan uang lain.
1. Dua lembar seribuan = 4 keping lima ratusan.

2. Satu lembar seribuan = 5 keping dua ratusan.

3. Satu lembar dua ribuan = 20 keping seratusan.

4. Satu lembar lima ribuan = 5 lembar seribuan.

5. Dua lembar dua ribuan = 4 lembar seribuan

 Siti ingin membeli tas dari uang tabungannya. Tas sekolah banyak pilihan warnanya.


Siti meminta teman-temannya memilih warna yang bagus.
Ternyata, setiap anak memiliki warna kesukaan yang berbeda.
  • Siswa yang memilih warna kuning ada 8 anak.
  • Siswa yang memilih warna merah ada 5 anak.
  • Siswa yang memilih warna hijau ada 10 anak.
  • Siswa yang memilih warna hitam ada 7 anak.

Gambar berikut menunjukkan jumlah siswa sesuai warna yang digemari.
Daigram Kegemaran
Ayo Mencoba
Coba kamu tanyakan kepada temanmu tentang warna yang ia gemari!

Catatlah hasilnya! Kemudian, gambarlah jumlah siswa sesuai warna kegemarannya!

Hasil Pengamatan (hanya contoh)
WarnaJumlah Siswa yang Menyukai
Kuning9
Hijau3
Hitam6
Biru8
Cokelat5

Jumlah siswa sesuai warna yang digemari.
Warna Kegemaran

Ayo Mengamati
Bermain Tebak-tebakan
Hari ini, ibu guru memberi tugas membuat kartu uang.

Siswa membentuk kelompok secara berpasangan.

Mereka melakukan tebak-tebakan.

Edo mengangkat beberapa kartu.

Beni menjawab, "dua ribu rupiah."

Semua siswa asyik belajar dengan bermain.

Setiap kelompok bekerja sama menyelesaikan tugas. Semua saling membantu teman.

Membantu teman merupakan tugas siswa.

Ayo Berlatih
Ayo, bermain tebak-tebakan!
Bermain tebak-tebakan
Lakukan tebak-tebakan dengan teman di sebelahmu dengan menggunakan kartu uang!
Misal kelompok Siti dan Dayu. Siti mengambil 2 kartu yang terdiri dari Rp1.000,00 dan Rp2.000,00 maka Dayu menjawab tiga ribu rupiah.

Ayo Mencoba
Buatlah kalimat sederhana dari kata di bawah ini!
  1. Dayu membantu ibu.
  2. Udin bermain di halaman sekolah.
  3. Siti bermain tebak-tebakan kartu uang bersama Dayu
  4. Edo belajar nilai pecahan uang.

Ibu guru membentuk kelompok secara berpasangan.

Setiap anggota memiliki suku atau asal daerah berbeda. Siti berpasangan dengan Dayu.

Beni berpasangan dengan Edo.
Pasangan Siswa
NamaAsal Daerah/Suku
EdoEdo berasal dari Papua
BeniBeni berasal dari Batak
SitiSiti berasal dari Jawa
DayuDayu berasal dari Bali

Beberapa keberagaman karakteristik di sekolah antara lain : perbedaan warna kulit, Agama dan kepercayaan, Jenis kelamin, Suku bangsa, Hobi/Kegemaran, dan Kemampuan akademik.

Tugas
1. Pasangkan kelompok uang berikut yang bernilai
2. Buatlah kalimat menggunakan kata “membantu”!
3. Coba kelompokkanlah anggota keluargamu berdasarkan jenis kelamin!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar