Assalamualaikum anak soleh dan solehah
Apa kabar semuanya?
Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT.
Pagi ini bu guru mengingatkan kembali untuk tetap menjaga kesehatan dan tentunya jangan lupa ibadahnya ya 😘
Sholat sunah seperti sholat dhuha serta murajaah untuk pagi ini selalu tetap dlaksanakan
Pada Pembelajaran 1 Tema 2 Subtema 4 Bermain di Tempat Wisata akan mempelajari tentang menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan. Menyimpulkan bahwa bilangan dibagi 1 hasilnya bilangan itu sendiri. Menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian. Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian. Mengidentifikasi ciri-ciri dan membuat karya hiasan dengan bahan alami. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama bapak/Ibu guru.
Bu Guru mengumumkan kabar gembira.
Kelas dua SD akan pergi berwisata.
Beni dan teman-teman senang sekali.
Apakah kamu senang berwisata?
Saya sangat senang berwisata.
Apa yang dilakukan orang saat sedang berwisata?
Saat berwisata mereka bermain dan menikmati keindahan alam.
Ayo Mengamati
Perhatikan gambar di bawah dengan cermat!
Beni bersama teman-temannya sudah sampai di pantai.
Bu guru bersama siswa bercengkerama.
Ayo Mengamati
Amatilah gambar di bawah dengan cermat!
Kira-kira, apa cerita yang cocok untuk gambar di atas?
Bermain di tepi pantai.
Ayo Membaca
Dengarkanlah pembacaan teks percakapan berikut!
Dua orang temanmu akan membacakannya ke depan kelas.
Setelah kamu dengarkan, coba baca kembali untuk meningkatkan pemahamanmu!
Ibu Guru | : | Anak–anak, kita sekarang sudah di lingkungan pantai. Bagaimana perasaan kalian?” |
Beni | : | “Kami sangat senang, Bu.” |
Ibu Guru | : | “Sekarang silakan bermain dulu, tetapi tidak boleh jauh-jauh. Paham, anak-anak?” |
Siswa | : | “Paham, Bu.”. |
Beni | : | “Bu, saya ingin bermain layang-layang”. |
Ibu Guru | : | “Boleh, Beni.” |
Lani | : | ““Kalau kami ingin menulis-nulis di pasir, Bu.” |
Ibu Guru | : | “Silakan. Tetapi ingat, jangan terlalu dekat dengan tepi pantai, ya.” |
Siswa | : | “Baik, Bu.” |
Ibu Guru | : | “Sebelum bermain, Ibu mau bertanya. Benda apa saja yang ada di pantai?” |
Dayu | : | “Kapal, pancingan, keranjang ikan, jaring, pelampung, dan sampan, Bu.” |
Mey | : | “Pasir, batu, air, dan kerang, Bu.” |
Udin | : | “Balon dan layang-layang, Bu.” |
Ibu Guru | : | “Pintar anak-anak Ibu semua, beri tepuk tangan untuk kita semua.” |
Ayo Menulis
Bagaimana hasil terkaanmu tadi?
Tepat
Apakah sesuai dengan teks percakapan yang kamu baca?
Ya, Sesuai.
Apa saja tanda baca yang digunakan dalam teks yang kamu baca?
Tanda titik dua, tanda titik, tanda tanya, tanda seru, dan tanda petik.
Benarkah penggunaan tanda bacanya?
Benar
Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi teks percakapan!
1. Bagaimana perasaan siswa ketika sampai di pantai?
Siswa sangat senang/gembira.
2. Siapa yang ingin bermain layang-layang?
Beni
3. Apa yang ingin dilakukan Lani?
Lani ingin menulis di pasir
4. Apa yang ditanyakan Bu Guru kepada siswa?
Apa saja benda yang ada di pantai?
5. Apa saja benda yang ada di pantai?
Kapal, sampan, kail, jaring, pasir, batu, air, kerang, layang-layang, dan balon.
Ayo Bernyanyi
Nyanyikanlah lagu berikut.
bersama teman-temanmu dengan riang!
Layang-layang
Pencipta: NN
Kuambil buluh sebatangKupotong sama panjangKuraut dan kutimbang dengan benangKujadikan layang-layangBermain berlariBermain layang-layangBerlari kubawa ke tanah lapangHatiku riang dan senang
Ayo Membaca
Beni dan Siti sedang menghitung layang-layang.
Bacalah percakapan mereka dengan cermat!
Siti | : | Aku pernah membaca tentang membagi dengan bilangan 1. |
Beni | : | Bagaimana hasilnya? |
Siti | : | Bagaimana kalau kita coba? |
Beni | : | Wah ide yang bagus! |
Siti | : | Nah, kita kan sedang menghitung layanglayang. Di tanganku sudah ada 6 layang-layang. Kalau aku bagikan 6 layang-layang kepada Beni, berapa banyak layang-layang yang Beni terima? Langsung kita buktikan, ya? 6 : 1 = 6 |
Beni | : | Kalau begitu, suatu bilangan jika dibagi 1 hasilnya bilangan itu sendiri, ya. |
Ayo Berlatih
Selesaikan soal berikut dengan teliti!
1. Kakek Beni memiliki lima layang-layang.
Layang-layang itu akan diberikan kepada Beni.
Berapa banyak layang-layang yang diperoleh Beni?
Jawaban = 5 : 1 = 5
2. Tante Beni membeli tujuh gulung benang.
Sampai di rumah, benang tersebut akan dibagikan kepada Beni.
Berapa gulung benang yang diperoleh Beni?
Jawaban = 7 : 1 = 7
3. Dalam acara wisata pantai siswa kelas II, dibutuhkan tiga unit mobil.
Berapa banyak mobil yang dipakai oleh kelas II di sekolah Beni?
Jawaban = 3 : 1 = 3
Ayo Membaca
Beni dan Siti sedang menghitung layang-layang.
Bacalah percakapan mereka dengan cermat!
Siti | : | Ada satu lagi yang aku temukan. |
Beni | : | Wah, hebat. Apakah itu? |
Siti | : | Nah, begini. Tadi Beni punya 6 layang-layang. 6 layang-layang itu dibagikan ke enam orang, yaitu aku, Mey, Dayu, Lani, Udin, dan Edo. Berapa layang-layang kami dapatkan masing-masing? |
Beni | : | 6 : 6 = 1 Masing-masing mendapatkan 1 layang-layang. |
Siti | : | Benar sekali. Artinya, jika bilangan dibagi bilangan itu sendiri hasilnya satu. |
Beni | : | Wah, Siti hebat ya! |
Ayo Berlatih
Kerjakanlah soal berikut dengan teliti!
1. Tante Beni membeli 7 gulung benang.
Sampai di rumah, benang tersebut dibagikan kepada tujuh keponakannya.
Berapa gulung benang yang diperoleh masingmasing keponakannya?
Jawaban = 7 : 7 =1
2. Ayah Beni memiliki dua pelampung.
Ayah Beni membagikannya kepada dua kakak sepupu Beni.
Berapa banyak pelampung yang diperoleh masing-masing kakak sepupu Beni?
Jawaban = 2 : 2 = 1
3. Dalam acara wisata pantai siswa kelas II, dibutuhkan tiga unit mobil. Berapa banyak mobil yang dipakai kelas II di sekolah Beni jika ada tiga kelas II?
Jawaban = 3 : 3 = 1
Ayo Mencoba
Sekarang, isilah bagian percakapan yang masih kosong!
Lani | : | Ada 32 bingkai layang-layang yang akan dibagikan kepada 4 orang. Setiap orang mendapatkan bingkai sama banyak. Berapa banyak bingkai pada setiap orang? |
Udin | : | 32 : 4 = 8 (setiap orang mendapatkan 8 bingkai layang-layang) |
Lani | : | Sebanyak 18 layang-layang diangkut oleh 3 orang. Masing-masing mengangkut sama banyak. Berapa banyak layang-layang yang diangkut setiap orang? |
Udin | : | 18 : 3 = 6 (setiap orang mengangkut 6 layang-layang) |
Lani | : | Sebanyak 56 gulung benang akan dimasukkan ke dalam 8 kotak. Jika setiap kotak memuat gulungan benang sama banyak, berapa gulung benang yang muat dalam setiap kotak? |
Udin | : | 56 : 8 = 7 (setiap kotak dapat memuat 7 gulung benang) |
Lani | : | Siswa kelas II di sekolah Nusantara terdiri dari 3 kelas. Mereka pergi berlibur ke pantai. Jumlah yang pergi sebanyak 63 siswa. Berapa jumlah siswa pada masingmasing kelas? |
Udin | : | 63 : 3 = 21 (jumlah siswa masing-masing kelas adalah 21) |
Ayo Membaca
Bacalah teks percakapan berikut bersama temanmu!
Beni | : | Di kakimu ada kerang kecil. Bukankah kita ada tugas membuat karya hiasan dengan bahan alami? Bagaimana kalau kita ambil kerang untuk membuat pigura? |
Lani | : | Wah, ide yang bagus, Beni! Aku lupa ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami. Apa kamu masih ingat, Beni? |
Beni | : | Masih, di antaranya menggunakan bahan kering. Bahan terdapat di alam bebas. Karya hiasan didominasi dengan bahan alam. |
Lani | : | Berarti, bahan yang kita butuhkan untuk karya pigura nanti adalah kerang, ya. Kemudian, apa saja alatnya? |
Beni | : | Alat yang bisa kita gunakan adalah lem untuk menempelkannya dan kertas karton sebagai tempat menempelkannya. Namun, bisa juga ditambahkan dengan bahan lain seperti daun kering, biji tumbuhan yang berwarna, dan lainnya. |
Ayo Berkreasi
Persiapkanlah alat dan bahan untuk membuat pigura!
Buatlah karya hiasan dari kerang!
Tugas
Jawablah pertanyaan berikut, tulis jawabanmu di buku tulis tematik!
1. Ayah Beni memiliki dua pelampung.
Ayah Beni akan membagikannya kepada kakak sepupu Beni. Berapa banyak pelampung yang diperoleh kakak sepupu Beni?
2. Beni menemukan empat ranting kayu.
Beni membagikannya kepada empat temannya untuk menulis di pasir.
Berapa banyak ranting yang diperoleh masing-masing?
3. Kakek Beni memiliki lima layang-layang.
Layang-layang itu akan diberikan kepada lima cucu laki-lakinya. Berapa banyak layang-layang yang diperoleh masing-masing cucunya?
4. Pak Haris mempunyai 66 buah mangga. Pak Santoso mau memasukkan buah mangga tersebut ke dalam 6 kantong dengan jumlah yang sama rata. Jadi jumlah buah mangga tiap plastiknya adalah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar