Selasa, 11 April 2023

Materi Ajar, Rabu 12 April 2023

  Hari/tanggal           :  Rabu, 12 April 2023

Tema                         :  Benda-Benda di Sekitar Kita   (Tema 9)

Sub Tema                  :  Benda Tunggal dan Campuran (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu        :  Bahasa Indonesia, PPKN, IPS.

Pembelajaran ke        :  4


Simak video berikut ini !!!


TUJUAN :

           1.       Dengan kegiatan mengamati gambar kenampakan alam, siswa dapat menyebutkan kenampakan alam                    pada gambar secara tepat.

           2.       Dengan kegiatan mendiskusikan kenampakan alam wilayah daratan dan perairan, siswa dapat                                menyebutkan kenampakan alam wilayah daratan dan perairan beserta ciri-cirinya dengan benar.

           3.       Dengan kegiatan membaca tentang adaptasi masyarakat terhadap kenampakan alam sekitar, siswa dapat                menyebutkan contoh adaptasi masyarakat terhadap kenampakan alam sekitar secara tepat.

           4.       Dengan kegiatan mengamati iklan, siswa dapat menyajikan hasil kesimpulan isi teks paparan iklan                        media cetak secara lisan dan tertulis secara rinci.

           5.       Dengan kegiatan mengerjakan latihan menjawab soal mengenai hidup rukun, siswa dapat menjelaskan                   manfaat hidup rukun dalam kehidupan bermasyarakat dengan benar.





Ketampakan alam disebut juga dengan istilah bentang alam. Indonesia memiliki bentang alam yang berbeda-beda di setiap daerah. Ada daerah dataran tinggi dan ada daerah dataran rendah. Ada penduduk yang tinggal di daerah pegunungan. Ada juga penduduk yang tinggal di daerah pantai.
Ketampakan alam dibagi menjadi dua bagian, yaitu ketampakan alam wilayah daratan dan ketampakan wilayah perairan. Ayo, lakukan kegiatan berikut.





Bentuklah kelompok terdiri atas empat anak. Carilah informasi mengenai kenampakan alam wilayah daratan dan ketampakan alam wilayah perairan beserta ciri-cirinya. Saat kelompokmu mencari informasi melalui internet, mintalah bantuan orang tua atau orang dewasa di sekitarmu.

Diskusikan hasil informasi yang kalian peroleh. Kemudian tuliskan dalam kolom berikut.





Dari bacaan di atas dapat disimpulkan bahwa benda-benda atau barang-barang di setiap daerah berbeda. Tidak hanya itu, air di laut juga akan berbeda dengan air di pegunungan. Dapatkah kamu membedakan air laut dengan air pegunungan? Tuliskan pada kolom berikut.





Berbicara tentang air, perhatikan iklan berikut.



Apa isi kedua iklan pada gambar di atas?

Amatilah kedua iklan tersebut. Kemudian, ungkapkan pendapatmu mengenai iklan tersebut di hadapan teman-temannmu. Tuliskan juga pendapatmu pada kolom berikut.



Pak Tagor mengajak Siti dan teman-teman membersihkan parit kecil di samping sekolah. Pak Tagor meminta anak-anak membersihkan sampah yang menghalangi aliran air. Pak Tagor juga meminta anak-anak mencabut rumput-rumput ilalang di sepanjang parit. Siti dan teman-teman senang melakukan kegiatan itu. Mereka rukun dan bekerja sama demi lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman.


Hidup rukun sangat menyenangkan. Hidup rukun harus terjalin, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Siti bekerja sama dengan teman-teman seperti pada gambar di atas yang mencerminkan hidup rukun. Selain yang dicontohkan pada gambar, hidup rukun misalnya dengan membantu orang yang membutuhkan atau sedang susah. Dengan hidup rukun, kita turut memperkuat persatuan dan kesatuan di Indonesia.





Apa manfaat hidup rukun bagi dirimu?

Tuliskan pada kolom berikut.



Matematika

Diagram gambar atau piktogram adalah diagram dimana datanya disajikan dalam bentuk gambar atau lukisan untuk mewakili benda yang menampilkan banyak benda sesungguhnya. Untuk penyajian data yang lain tentu saja kita bisa mengunakan gambar-gambar yang lebih menarik seperti gambar mobil, pohon, uang, dan sebagainya. Gambar yang digunakan disesuaikan dengan objek yang dideskripsikan yang digunakan untuk mewakili sejumlah objek.

Cara penyajian data menggunakan piktogram memiliki kelemahan tersendiri misalnya ada gambar orang yang hanya tampak setengahnya saja, itu digunakan untuk mewakili jumlah siswa yang hanya 10 orang. Namun tentu akan sulit untuk menggambarkan jumlah siswa yang hanya sepertiga atau seperempat dari jumlah yang bisa diwakilkan dengan gambar tersebut. Oleh karenanya, penyajian data dengan menggunakan piktogram agak jarang digunakan.

Perhatikan contoh berikut. Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan di dalam rumah, Lani dan keluarganya memilah sampah. Selama 2 minggu Lani mendata jenis sampah yang didaur ulang. Berikut adalah hasil pemilahan yang dilakukan Lani dan disajikan dalam bentuk tabel.

No.BendaBanyak Benda
1.Plastik44
2.Kaca20
3.Kaleng16
4.Kardus24

Sekarang jika satu gambar mewakili 2 buah, coba kamu sajikan data tersebut dalam bentuk piktogram!
piktogram

Secara berkelompok, diskusikan hasil survei dalam bentuk kuesioner yang telah kamu lakukan sebelumnya. Amati setiap lembar kuesioner dengan hati-hati. Kemudian, olah hasil survei tersebut dan sajikan dalam bentuk tabel dan piktogram.
No.JajananJumlah/Frekuensi
1.Es Sirop42
2.Batagor38
3.Kue Pancong24
4.Cilok44
5.Siomay16

Berdasarkan tabel dan grafik, jawab pertanyaan berikut.
jajanan siswa
  1. Apa makanan atau minuman yang paling sering dibeli oleh siswa?  Cilok.
  2. Menurutmu, mengapa makanan tersebut paling banyak peminatnya? Cilok harganya lebih murah dibandingkan makanan lainnya.
  3. Berapa banyak siswa di sekolahmu yang sudah mengonsumsi makanan sehat? Jelaskan.
  4. Tulis kesimpulan dan saranmu berdasarkan hasil survei tersebut. Banyak siswa yang membeli jajanan ada 164 siswa. Jajanan yang paling banyak dibeli siswa adalah cilok, dan jajanan yang paling sedikit dibeli siswa adalah siomay. Perlu memberikan penjelasan yang bisa dimengerti oleh siswa mengapa dilarang membeli jajanan atau makanan sembarangan. Penjelasan sederhana, sebaiknya juga di beri gambaran atau contoh kongkrit, seperti banyaknya berita TV anak mengalami diare, maka anak akan memahami dan akhirnya mau menghindarinya.

SEKIAN TERIMAKASIH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar