Hari/tanggal : Rabu, 12 April 2023
Tema : Benda-Benda di Sekitar Kita (Tema 9)
Sub Tema : Benda Tunggal dan Campuran (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPKN, IPS.
Pembelajaran ke : 4
Simak video berikut ini !!!
TUJUAN :
1. Dengan kegiatan mengamati gambar kenampakan alam, siswa dapat menyebutkan kenampakan alam pada gambar secara tepat.
2. Dengan kegiatan mendiskusikan kenampakan alam wilayah daratan dan perairan, siswa dapat menyebutkan kenampakan alam wilayah daratan dan perairan beserta ciri-cirinya dengan benar.
3. Dengan kegiatan membaca tentang adaptasi masyarakat terhadap kenampakan alam sekitar, siswa dapat menyebutkan contoh adaptasi masyarakat terhadap kenampakan alam sekitar secara tepat.
4. Dengan kegiatan mengamati iklan, siswa dapat menyajikan hasil kesimpulan isi teks paparan iklan media cetak secara lisan dan tertulis secara rinci.
5. Dengan kegiatan mengerjakan latihan menjawab soal mengenai hidup rukun, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dalam kehidupan bermasyarakat dengan benar.
Bentuklah kelompok terdiri atas empat anak. Carilah informasi mengenai kenampakan alam wilayah daratan dan ketampakan alam wilayah perairan beserta ciri-cirinya. Saat kelompokmu mencari informasi melalui internet, mintalah bantuan orang tua atau orang dewasa di sekitarmu.
Diskusikan hasil informasi yang kalian peroleh. Kemudian tuliskan dalam kolom berikut.
Dari bacaan di atas dapat disimpulkan bahwa benda-benda atau barang-barang di setiap daerah berbeda. Tidak hanya itu, air di laut juga akan berbeda dengan air di pegunungan. Dapatkah kamu membedakan air laut dengan air pegunungan? Tuliskan pada kolom berikut.
Berbicara tentang air, perhatikan iklan berikut.
Apa isi kedua iklan pada gambar di atas?
Amatilah kedua iklan tersebut. Kemudian, ungkapkan pendapatmu mengenai iklan tersebut di hadapan teman-temannmu. Tuliskan juga pendapatmu pada kolom berikut.
Pak Tagor mengajak Siti dan teman-teman membersihkan parit kecil di samping sekolah. Pak Tagor meminta anak-anak membersihkan sampah yang menghalangi aliran air. Pak Tagor juga meminta anak-anak mencabut rumput-rumput ilalang di sepanjang parit. Siti dan teman-teman senang melakukan kegiatan itu. Mereka rukun dan bekerja sama demi lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman.
Hidup rukun sangat menyenangkan. Hidup rukun harus terjalin, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Siti bekerja sama dengan teman-teman seperti pada gambar di atas yang mencerminkan hidup rukun. Selain yang dicontohkan pada gambar, hidup rukun misalnya dengan membantu orang yang membutuhkan atau sedang susah. Dengan hidup rukun, kita turut memperkuat persatuan dan kesatuan di Indonesia.
Apa manfaat hidup rukun bagi dirimu?
Tuliskan pada kolom berikut.
Matematika
Perhatikan contoh berikut. Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan di dalam rumah, Lani dan keluarganya memilah sampah. Selama 2 minggu Lani mendata jenis sampah yang didaur ulang. Berikut adalah hasil pemilahan yang dilakukan Lani dan disajikan dalam bentuk tabel.
No. | Benda | Banyak Benda |
---|---|---|
1. | Plastik | 44 |
2. | Kaca | 20 |
3. | Kaleng | 16 |
4. | Kardus | 24 |
No. | Jajanan | Jumlah/Frekuensi |
---|---|---|
1. | Es Sirop | 42 |
2. | Batagor | 38 |
3. | Kue Pancong | 24 |
4. | Cilok | 44 |
5. | Siomay | 16 |
Berdasarkan tabel dan grafik, jawab pertanyaan berikut.
- Apa makanan atau minuman yang paling sering dibeli oleh siswa? Cilok.
- Menurutmu, mengapa makanan tersebut paling banyak peminatnya? Cilok harganya lebih murah dibandingkan makanan lainnya.
- Berapa banyak siswa di sekolahmu yang sudah mengonsumsi makanan sehat? Jelaskan.
- Tulis kesimpulan dan saranmu berdasarkan hasil survei tersebut. Banyak siswa yang membeli jajanan ada 164 siswa. Jajanan yang paling banyak dibeli siswa adalah cilok, dan jajanan yang paling sedikit dibeli siswa adalah siomay. Perlu memberikan penjelasan yang bisa dimengerti oleh siswa mengapa dilarang membeli jajanan atau makanan sembarangan. Penjelasan sederhana, sebaiknya juga di beri gambaran atau contoh kongkrit, seperti banyaknya berita TV anak mengalami diare, maka anak akan memahami dan akhirnya mau menghindarinya.
SEKIAN TERIMAKASIH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar