Tema                         :  Benda-Benda di Sekitar Kita   (Tema 9)

Sub Tema                  :  Benda Tunggal dan Campuran (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu        :  Bahasa Indonesia, PPKN, SBDP.

Pembelajaran ke        :  6


Simak video berikut ini !!!


TUJUAN :

           1.       Dengan kegiatan mengamati gambar orang-orang berpakaian adat dari berbagai suku bangsa di                              Indonesia, siswa dapat mengungkapkan pendapatnya tentang perilaku yang mencerminkan hidup rukun                dalam kehidupan bermasyarakat sesuai gambar dengan tepat.

           2.       Dengan kegiatan berlatih menuliskan wujud perilaku hidup rukun sebagai warga masyarakat, siswa dapat              mengidentifikasikan wujud perilaku hidup rukun sebagai warga masyarakat dan menjelaskan pentingnya              hidup dalam kehidupan bermasyarakat dengan tepat.

           3.       Dengan kegiatan mengamati gambar yang disajikan dan mencari iklan pada media cetak, siswa dapat                    menjelaskan isi iklan dengan tepat.

           4.       Dengan kegiatan berlatih memainkan alat musik, siswa dapat memainkan alat musik untuk mengiringi                  lagu sesuai jenis tangga nada lagu dengan tepat.

           5.       Dengan kegiatan mencoba memainkan melodi lagu menggunakan alat musik, siswa dapat memainkan                  alat musik untuk mengiringi lagu sesuai jenis tangga nada lagu dengan tepat.




Apa menurutmu kerukunan itu? Apakah gambar di atas mencerminkan kerukunan? Tuliskan pendapatmu mengenai gambar di atas pada kolom berikut.







Apa wujud perilakumu untuk hidup rukun sebagai warga masyarakat? Tuliskan dalam kolom berikut.


Hidup rukun juga harus diwujudkan antarumat beragama. Di Indonesia ada enam agama, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Banyak imbauan dan ajakan dari pemerintah untuk hidup rukun dan damai antarumat beragama. Perhatikan gambar berikut.


1. Apakah gambar di atas merupakan bentuk suatu iklan? Tuliskan pendapatmu pada kolom berikut.

2. Carilah iklan pada media cetak. Kemudian, tempelkan pada kolom berikut.


3. Apa isi iklan dari media cetak yang kamu tempel di atas? Tuliskan pada kolom berikut.






Perhatikan gambar berikut.


1. Cara Bermain Seruling (Recorder).

    Seruling Recorder dimainkan dengan cara ditiup. Hasil tiupan rata dan

    berbunyi tuuu. . ., bukan hu. . .. Perhatikan posisi jari untuk mendapatkan

    nada-nada tertentu.


2. Cara Bermain Pianika.

Pianika dimainkan dengan cara meniup slang peniup dan menekan tuts

pianika. Berikut nada-nada yang ada dalam pianika.






Siapkan alat musik pianika atau seruling (recorder), lalu mainkan

tangga nada berikut ini.







Mainkanlah melodi lagu berikut menggunakan recorder atau pianika

dengan tangga nada yang sesuai.