Selasa, 03 Januari 2023

Materi Ajar. 04 Januari 2023

 SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Kelas : 5A

Tema 6 :Panas dan perpindahannya 

Subtema 1 : Suhu dan kalor

Pembelajaran ke 3 dan 4

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.Dengan membuat kesimpulan dari bacaan Manusia dengan Lingkungan Alam, siswa mampu menyajikan ringkasan teks penjelasan secara benar.

2. Dengan mengisi diagram berdasarkan bacaan, siswa mampu menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi secara tepat dan jelas.

3. Dengan melakukan kegiatan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya secara benar.

4.Dengan menuliskan hasil pengamatannya, siswa mampu membuat laporan hasil observasi di lingkungan sekitar tentang interaksi manusia dengan lingkungan secara tepat dan jelas.

5. Dengan mengamati lingkungan sekitarnya dan melengkapi tabel, siswa mampu menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan secara tepat.

6.Dengan kegiatan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan makna hak sebagai siswa dan warga negara secara benar.

7. Dengan membaca dan mempresentasikan isi bacaan, siswa mampu menjelaskan makna kewajiban secara percaya diri.

Assalamualaikum anak Soleh dan Soleha semoga setelah liburan ini ananda semuanya menjadi semangat kembali dalam menuntut ilmu.

Apakabar anak Soleh Soleha 🥰 semoga sehat semua ya.

Mari kita melaksanakan pembelajaran hari ini dengan membaca Doa. 

Materi

Description: Buku

Perhatikan kembali gambar pada buku di atas. Dapatkah kamu menceritakan gambar-gambar di atas? Tahukah kamu bahwa matahari adalah sumber energi yang tidak pernah habis dan diperlukan oleh seluruh makhluk hidup yang ada di bumi, termasuk masyarakat Indonesia? Manusia dan lingkungan sekitar memerlukan sumber energi panas untuk kelangsungan hidupnya.

 

Ayo Berdiskusi

Diskusikanlah bersama dengan temanmu, usaha-usaha apa saja yang dilakukan manusia untuk memanfaatkan energi panas dari matahari. Bagaimana masyarakat sekitarmu memanfaatkan energi panas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya? Apakah energi panas diperuntukkan bagi semua orang? Bagaimana usaha masyarakat di sekitarmu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya?

 

Ayo Membaca

Manusia dengan Lingkungan Alam

Semua makhluk hidup yang ada di bumi, melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup maupun dengan lingkungannya. Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup. Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi makhluk hidup, karena alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup.

 

Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi antara satu dengan yang lainnya. Bahkan, antarkeduanya saling berkaitan. Salah satu bentuk hubungan antara benda mati dan makhluk hidup adalah jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat dapat memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang di daerah tersebut.

 

Makhluk hidup juga dapat memengaruhi benda mati. Contohnya daerah yang banyak tumbuhannya akan menyebabkan daerah tersebut menjadi lebih sejuk. Daerah yang masih banyak tumbuhannya cenderung memiliki air tanah yang baik dan berlimpah. Hal ini terjadi karena, tanaman membantu tanah untuk menahan air dan menyimpannya di dalam tanah dengan baik. Bagaimana dengan manusia?

 

Hubungan antara manusia dan lingkungan alam dapat dikelompokkan menjadi dua. Pertama hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam. Kedua adalah hubungan yang membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya. Salah satu cara manusia untuk menyesuaikan diri dengan alam, adalah dengan mempelajari peristiwa alam yang ada di lingkungannya. Para petani harus menyesuaikan waktu tanam dengan musim hujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Para nelayan memilih waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca agar terhindar dari bencana dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak.

Description: Manusia dan Lingkungan ALam

Manusia juga harus dapat memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menggunakan iImu pengetahuan dan teknologi. Contohnya, untuk menanggulangi akibat kemarau panjang yang menyebabkan menurunnya hasil pertanian, manusia mencoba membuat hujan buatan. Pembuatan hujan buatan ini, tentu dengan menggunakan pengetahuan dan teknologi.

 

Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Kemudian, jawablah pertanyaan berikut ini!1. Apa judul bacaan di atas?

Manusia dengan Lingkungan Alam


2. Tuliskanlah kata-kata kunci yang ada dalam setiap paragraf di atas.

·         Paragraf 1 : Makhluk hidup dan lingkungan alam

·         Paragraf 2 : Hubungan benda mati dan makhluk hidup

·         Paragraf 3 : Pengaruh makhluk hidup terhadap benda mati

·         Paragraf 4 : Penyesuaian diri manusia terhadap lingkungan alam

·         Paragraf 5 : Pemanfaatan alam oleh manusia


3. Buatlah sebuah pertanyaan dengan menggunakan kata kunci yang kamu tentukan dari setiap paragraf pada bacaan di atas. Kemudian, mintalah temanmu untuk menjawabnya!

Mengapa makhluk hidup dapat memengaruhi benda mati?


4. Buatlah paling sedikit dua pertanyaan tentang bacaan yang ingin sekali kamu ketahui lebih dalam!

Mengapa manusia membutuhkan hewan dan tumbuhan?

Mengapa manusia menyesuaikan diri dengan lingkungan alam?


5. Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskanlah isi bacaan di atas kepada teman sebangkumu.

Makhluk hidup melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup dan lingkungnnya. Makhluk hidup juga dapat memengaruhi benda mati. Manusia memanfaatkan alam menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi


Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan di atas!

1.       Apa yang dimaksud dengan lingkungan alam? Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup yang saling berinteraksi.

2.      Apa saja interaksi yang terjadi dalam lingkungan alam? Interaksi antara benda mati dengan makhluk hidup, interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya.

3.      Jelaskanlah salah satu contoh bentuk interaksi antara lingkungan yang terdiri atas lingkungan benda hidup dan benda mati! Daerah yang banyak tumbuhannya akan membuat suhu udara menjadi lebih sejuk.

4.      Jelaskanlah interaksi apa saja yang terjadi antara manusia dengan lingkungan alamnya! Interaksi antara manusia dan lingkungan alam, dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu interaksi yang menyesuaikan diri dengan alam dan interaksi yang memanfaatkan alam.

5.       Berikanlah contoh bentuk interaksi antara manusia dengan lingkungan alam yang kamu ketahui! Para petani harus menyesuaikan waktu tanam dengan musim penghujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Para nelayan memilih waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca agar terhindar dari bencana dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak.


Paragraf

Pokok Pikiran

Informasi Penting

1

Hubungan makhluk hidup dengan lingkungan.

Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup. Lingkungan alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup.

2

Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi 

Bentuk hubungan antara benda mati dan makhluk hidup adalah jenis tanah, suhu, dan curah hujan memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang

3

Makhluk hidup dapat memengaruhi benda mati.

Daerah yang banyak tumbuhannya menjadi lebih sejuk dan air tanah yang berlimpah. Tanaman membantu tanah untuk menahan air dan menyimpannya

4

Hubungan antara manusia dan lingkungan alam

Hubungan yang membuat manusia harus
dapat menyesuaikan diri dengan alam. Hubungan yang
membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya

5

Pemanfaatkan alam oleh manusia

Untuk menanggulangi akibat kemarau panjang manusia membuat hujan buatan dengan menggunakan
pengetahuan dan teknologi

 

Bagaimanakah kondisi geografis lingkungan di daerah tempat tinggalmu? Apakah termasuk daerah pantai, pegunungan, atau dataran? 

Daerah saya termasuk daerah pegunungan

 

2. Apa pekerjaan utama orang-orang di sekitarmu?

Daerah Tempat Tinggal

Pekerjaan Utama Penduduk

Pegunungan

Petani

Dataran Tinggi

Petani

Dataran Rendah

Petani

Pantai

Nelayan

 

3. Apa saja bentuk interaksi masyarakat sekitarmu dengan lingkungan alamnya? Lengkapilah tabel berikut, perhatikan contoh!

Bentuk Interaksi Masyarakat dengan Alam

Hasil Interaksi dengan Lingkungan Alam

Bercocok tanam

Mudah mendapatkan sayuran dan buah-buahan

Menjadi nelayan

Mendapatkan berbagai jenis ikan

Memelihara hewan ternak sapi

Mudah mendapatkan susu dan daging

Melakukan penghijauan

Tersedianya sumber air bersih

 

4. Apa kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan ini?

Daerah yang berbeda, tanaman yang dihasilkan pun bisa berbeda sehingga manusia harus mampu menyesuaikan diri.

 

 

Bacalah artikel berikut ini dengan saksama!

Hak-Hak Seorang Siswa

Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. Setiap anak yang menjadi warga negara berhak atas kesempatan untuk mengikuti pendidikan. Hal ini sesuai dengan Konvensi Hak Anak yang ditandatangani pemerintah Indonesia. Setiap anak di Indonesia memiliki hak untuk memperoleh pengetahuan, kemampuan dan keterampilan yang akan membantunya menjadi warga negara yang mandiri di kemudian hari.

 

Setiap anak yang belajar di sebuah lembaga pendidikan, baik formal maupun tidak formal, disebut sebagai siswa. Setiap siswa yang belajar di sebuah sekolah mempunyai hak-hak yang sama. Menurut Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 1990, yang dimaksud dengan hak-hak siswa adalah hak untuk:

1.       mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya;

2.      memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya;

3.      mengikuti program pendidikan yang bersangkutan atas dasar pendidikan berkelanjutan, baik untuk mengembangkan kemampuan diri maupun untuk memperoleh pengakuan tingkat pendidikan tertentu yang telah dibakukan;

4.      mendapat bantuan fasilitas belajar, beasiswa, atau bantuan lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku;

5.       pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi sesuai dengan persyaratan penerimaan siswa pada sekolah yang hendak dimasuki;

6.      memperoleh penilaian hasil belajarnya;

7.       menyelesaikan program pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan;

8.      mendapat pelayanan khusus bilamana menyandang cacat.

 

Ayo Berdiskusi

Perhatikan daftar hak siswa di atas. Pahamilah kalimat pada setiap bagian tersebut, lalu tuliskanlah kembali dengan menggunakan kata-katamu sendiri. Jika kamu mengalami kesulitan untuk memahami kata-kata sulit, gunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia untuk membantumu.

Description: Hak pelajar

Tukarkanlah hasil pemahamanmu tentang hak-hak siswa tersebut dengan teman dalam kelompokmu. Secara bergiliran bacakanlah hasil pemikiranmu tentang hak siswa. Adakah kamu menemukan sesuatu yang menarik dari diskusi tersebut? Apakah teman dalam kelompokmu memiliki pemahaman yang sama?

Hak adalah milik, kepunyaan, kewenangan untuk berbuat sesuatu karena telah ditentukan oleh undang-undang, aturan, dsb.

Ayo Renungkan Di akhir pembelajaran, siswa diharapkan dapat melakukan refleksi diri dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini: 1. Apa hal paling menarik yang kamu pelajari pada kegiatan pembelajaran hari ini? 2. Tantangan apa yang kamu hadapi pada kegiatan pembelajaran hari ini? Bagaimana kamu menghadapinya? 3. Apakah yang kamu rasakan ketika hakmu terpenuhi?

 

Pernahkah kamu melihat gambar di bawah? Gambar tersebut merupakan pesan kepada masyarakat dalam bentuk papan iklan layanan masyarakat. Papan iklan tersebut, merupakan salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui media cetak. Pesan atau informasi apa saja yang kamu dapatkan dari papan iklan tersebut? Pernahkah kamu melihat papan iklan serupa?

Description: Membuang Sampah Sembarangan

Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus mereka hadapi, yakni kondisi yang bisa mengancam keselarasan dan kehidupan umum.

 

Ayo Mengamati

Perhatikanlah gambar-gambar berikut ini!

Description: Ayo Mengamati

Apa yang dapat kamu ceritakan tentang gambar-gambar di atas? Apakah kamu pernah menemuinya di lingkungan tempat tinggalmu? Bagaimana pendapatmu terhadap gambar tersebut? Menurutmu, hal-hal apa sajakah yang menyebabkan hal itu terjadi? Bagaimana hubungan atau interaksi manusia terhadap lingkungan yang tampak dari gambar tersebut?

 

Dapatkah manusia hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya? Mengapa?

Manusia tidak dapat hidup tanpa lingkungan alam karena manusia mendapatkan kebutuhan hidupnya dari alam.

 

2. Jelaskanlah dua atau tiga contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang terjadi di sekitarmu!

Beberapa contoh contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang terjadi di sekitar yaitu Petani yang mengolah ladangnya, nelayan menangkap ikan di laut, dan orang-orang yang menebangi hutan,

 

3. Sebutkan dan jelaskanlah contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang merugikan manusia dan lingkungannya!

Beberapa interaksi manusia dengan lingkungannya yang merugikan antara lain membuang sampah sembarangan menyebabkan banjir, menebang pohon sembarangan menyebabkan tanah longsor dan banjir.

 

4. Apa saja akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya? Jelaskan!

Akibat negatif interaksi manusia terhadap lingkungannya adalah banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah, tanah longsor yang terjadi karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai, kebakaran hutan karena kecerobohan manusia.

 

Ayo Menulis
Berdasarkan bacaan di atas, gunakan diagram berikut untuk menjelaskan apa yang telah kamu baca. Jelaskan dan tuliskanlah pemahamanmu pada setiap paragraf bacaan tersebut. Lalu tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf yang kamu anggap penting.

Description: Interaksi Manusia dengan Lingkungan

Judul :
Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya

Paragraf 1

Paragraf 2

Paragraf 3

Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alam.

Tidak semua interaksi manusia berdampak baik bagi alam

Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik dapat menyebabkan bencana.

Kata Kunci

Kata Kunci

Kata Kunci

Manusia

Interaksi

Interaksi

Hidup

Manusia

Lingkungan

Lingkungan Alam

Alam

Bencana

 

 

Perhatikanlah masyakarat di sekitar tempat tinggalmu! Lakukanlah kegiatan berikut untuk mengamati interaksi masyarakat di sekitarmu terhadap lingkungan alam dan pengaruh negatifnya. Gunakan tabel berikut untuk membantumu!

Bentuk Kegiatan
Interaksi

Pengaruh Negatif yang
Terjadi

Usaha untuk
Memperbaiki

Pertanian

Penggunaan pupuk buatan berlebihan merusak tanah

Menggunakan pupuk alam dari kotoran hewan

Perkebunan

Penggunaan pestisida menyebabkan pencemaran lingkungan

Penggunaan musuh alami hama tanaman

Peternakan

Pembuangan limbah peternakan ke sungai menyebabkan bau tidak enak yang menyengat.

Limbah ternak dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan ternak, pupuk organik, energi dan media pelbagai tujuan

Perikanan

Limbah sisa pengolahan ikan menimbulkan pencemaran lingkungan

Tepung dan silase ikan, dari limbah daging, tulang, insang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk dan pakan ternak/ikan. 


Perlihatkanlah hasil pengamatanmu kepada teman dalam kelompokmu. Presentasikanlah hasil temuanmu di dalam kelompok. Jawablah pertanyaan yang diberikan temanmu terhadap hasil presentasimu. Berikan juga tanggapan atas pekerjaan temanmu yang lain.

Tuliskanlah kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan ini!

Mendapatkan manfaat dari lingkungan alam merupakan hak kita. Tetapi memeliharanya adalah kewajiban kita bersama.

 

Sebagai warga negara dan anggota masyarakat, kita perlu mengetahui hak dan kewajiban kita. Sebelumnya kamu telah mengetahui hak-hakmu sebagai siswa dan sebagai seorang anak. Bersama dengan teman sebangkumu, gunakan tabel di bawah ini, untuk menentukan hak-hakmu sebagai siswa. Setelah itu, kamu dapat menentukan kewajibanmu untuk mendapatkan hak-hakmu.

Hakmu sebagai Siswa di Sekolah

Kewajibanmu sebagai Siswa di Sekolah

Mendapatkan pendidikan dan pengajaran.

Mengikuti seluruh kegiatan sekolah

Menggunakan fasilitas pembelajaran

Mematuhi berbagai peraturan di lingkungan sekolah.

Memperoleh bimbingan dan konsultasi

Memelihara seluruh fasilitas yang ada di lingkungan sekolah.

Hakmu sebagai Anak di Rumah

Kewajibanmu sebagai Anak di Rumah

Hak Mendapatkan Kasih Sayang

Membantu Orang Tua

Hak Mendapatkan Perlindungan

Belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh

Hak Mendapatkan Kesehatan

Membereskan Kamarnya

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar