SD
Al Azhar 1 Bandar Lampung
Kelas :
5A
Tema 6
:Panas dan perpindahannya
Subtema
1 : Suhu dan kalor
Pembelajaran
ke 3 dan 4
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.Dengan
membuat kesimpulan dari bacaan Manusia dengan Lingkungan Alam, siswa mampu
menyajikan ringkasan teks penjelasan secara benar.
2.
Dengan mengisi diagram berdasarkan bacaan, siswa mampu menguraikan
konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi secara tepat dan jelas.
3.
Dengan melakukan kegiatan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi interaksi
manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya secara benar.
4.Dengan
menuliskan hasil pengamatannya, siswa mampu membuat laporan hasil observasi di
lingkungan sekitar tentang interaksi manusia dengan lingkungan secara tepat dan
jelas.
5.
Dengan mengamati lingkungan sekitarnya dan melengkapi tabel, siswa mampu
menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya
terhadap pembangunan secara tepat.
6.Dengan
kegiatan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan makna hak sebagai siswa dan warga
negara secara benar.
7.
Dengan membaca dan mempresentasikan isi bacaan, siswa mampu menjelaskan makna
kewajiban secara percaya diri.
Assalamualaikum
anak Soleh dan Soleha semoga setelah liburan ini ananda semuanya menjadi
semangat kembali dalam menuntut ilmu.
Apakabar
anak Soleh Soleha 🥰 semoga sehat semua ya.
Mari
kita melaksanakan pembelajaran hari ini dengan membaca Doa.
Materi
Perhatikan
kembali gambar pada buku di atas. Dapatkah kamu menceritakan gambar-gambar di
atas? Tahukah kamu bahwa matahari adalah sumber energi yang tidak pernah habis
dan diperlukan oleh seluruh makhluk hidup yang ada di bumi, termasuk masyarakat
Indonesia? Manusia dan lingkungan sekitar memerlukan sumber energi panas untuk
kelangsungan hidupnya.
Ayo
Berdiskusi
Diskusikanlah
bersama dengan temanmu, usaha-usaha apa saja yang dilakukan manusia untuk
memanfaatkan energi panas dari matahari. Bagaimana masyarakat sekitarmu
memanfaatkan energi panas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya? Apakah energi
panas diperuntukkan bagi semua orang? Bagaimana usaha masyarakat di sekitarmu
untuk memenuhi kebutuhan hidupnya?
Ayo
Membaca
Manusia
dengan Lingkungan Alam
Semua
makhluk hidup yang ada di bumi, melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup
maupun dengan lingkungannya. Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan
makhluk hidup. Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi makhluk hidup,
karena alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup.
Benda
mati dan makhluk hidup saling memengaruhi antara satu dengan yang lainnya.
Bahkan, antarkeduanya saling berkaitan. Salah satu bentuk hubungan antara benda
mati dan makhluk hidup adalah jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu
tempat dapat memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang di
daerah tersebut.
Makhluk
hidup juga dapat memengaruhi benda mati. Contohnya daerah yang banyak
tumbuhannya akan menyebabkan daerah tersebut menjadi lebih sejuk. Daerah yang
masih banyak tumbuhannya cenderung memiliki air tanah yang baik dan berlimpah.
Hal ini terjadi karena, tanaman membantu tanah untuk menahan air dan
menyimpannya di dalam tanah dengan baik. Bagaimana dengan manusia?
Hubungan
antara manusia dan lingkungan alam dapat dikelompokkan menjadi dua. Pertama
hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam. Kedua
adalah hubungan yang membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya. Salah
satu cara manusia untuk menyesuaikan diri dengan alam, adalah dengan
mempelajari peristiwa alam yang ada di lingkungannya. Para petani harus
menyesuaikan waktu tanam dengan musim hujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan
baik. Para nelayan memilih waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan
cuaca agar terhindar dari bencana dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak.
Manusia
juga harus dapat memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan
menggunakan iImu pengetahuan dan teknologi. Contohnya, untuk menanggulangi
akibat kemarau panjang yang menyebabkan menurunnya hasil pertanian, manusia
mencoba membuat hujan buatan. Pembuatan hujan buatan ini, tentu dengan
menggunakan pengetahuan dan teknologi.
Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama.
Kemudian, jawablah pertanyaan berikut ini!1. Apa judul bacaan di atas?
Manusia dengan Lingkungan Alam
2. Tuliskanlah kata-kata kunci yang ada dalam setiap paragraf di atas.
·
Paragraf 1 : Makhluk hidup dan lingkungan alam
·
Paragraf 2 : Hubungan benda mati dan makhluk
hidup
·
Paragraf 3 : Pengaruh makhluk hidup terhadap
benda mati
·
Paragraf 4 : Penyesuaian diri manusia terhadap
lingkungan alam
·
Paragraf 5 : Pemanfaatan alam oleh manusia
3. Buatlah sebuah pertanyaan dengan menggunakan kata kunci yang kamu tentukan
dari setiap paragraf pada bacaan di atas. Kemudian, mintalah temanmu untuk menjawabnya!
Mengapa makhluk hidup dapat memengaruhi benda
mati?
4. Buatlah paling sedikit dua pertanyaan tentang bacaan yang ingin sekali kamu
ketahui lebih dalam!
Mengapa manusia membutuhkan hewan dan tumbuhan?
Mengapa manusia menyesuaikan diri dengan
lingkungan alam?
5. Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskanlah isi bacaan di
atas kepada teman sebangkumu.
Makhluk hidup melakukan hubungan dengan sesama
makhluk hidup dan lingkungnnya. Makhluk hidup juga dapat memengaruhi benda
mati. Manusia memanfaatkan alam menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi
Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan di atas!
1. Apa yang dimaksud dengan lingkungan alam? Lingkungan alam
terdiri atas benda mati dan makhluk hidup yang saling berinteraksi.
2. Apa saja interaksi yang terjadi dalam lingkungan alam?
Interaksi antara benda mati dengan makhluk hidup, interaksi antara makhluk
hidup dengan makhluk hidup lainnya.
3. Jelaskanlah salah satu contoh bentuk interaksi antara
lingkungan yang terdiri atas lingkungan benda hidup dan benda mati! Daerah yang
banyak tumbuhannya akan membuat suhu udara menjadi lebih sejuk.
4. Jelaskanlah interaksi apa saja yang terjadi antara manusia
dengan lingkungan alamnya! Interaksi antara manusia dan lingkungan alam, dapat
dikelompokkan menjadi dua, yaitu interaksi yang menyesuaikan diri dengan alam
dan interaksi yang memanfaatkan alam.
5. Berikanlah contoh bentuk interaksi antara manusia dengan
lingkungan alam yang kamu ketahui! Para petani harus menyesuaikan waktu tanam
dengan musim penghujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Para nelayan
memilih waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca agar terhindar
dari bencana dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak.
|
Pokok Pikiran |
Informasi Penting |
1 |
Hubungan
makhluk hidup dengan lingkungan. |
Lingkungan
alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup. Lingkungan alam menyediakan
semua kebutuhan makhluk hidup. |
2 |
Benda
mati dan makhluk hidup saling memengaruhi |
Bentuk
hubungan antara benda mati dan makhluk hidup adalah jenis tanah, suhu, dan
curah hujan memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang |
3 |
Makhluk
hidup dapat memengaruhi benda mati. |
Daerah
yang banyak tumbuhannya menjadi lebih sejuk dan air tanah yang berlimpah.
Tanaman membantu tanah untuk menahan air dan menyimpannya |
4 |
Hubungan
antara manusia dan lingkungan alam |
Hubungan
yang membuat manusia harus |
5 |
Pemanfaatkan
alam oleh manusia |
Untuk
menanggulangi akibat kemarau panjang manusia membuat hujan buatan dengan
menggunakan |
Bagaimanakah kondisi geografis lingkungan di
daerah tempat tinggalmu? Apakah termasuk daerah pantai, pegunungan, atau
dataran?
Daerah saya termasuk daerah pegunungan
2. Apa pekerjaan utama orang-orang di sekitarmu?
Daerah Tempat Tinggal |
Pekerjaan Utama Penduduk |
Pegunungan |
Petani |
Dataran
Tinggi |
Petani |
Dataran
Rendah |
Petani |
Pantai |
Nelayan |
3. Apa saja bentuk interaksi masyarakat sekitarmu
dengan lingkungan alamnya? Lengkapilah tabel berikut, perhatikan contoh!
Bentuk Interaksi Masyarakat dengan Alam |
Hasil Interaksi dengan Lingkungan Alam |
Bercocok
tanam |
Mudah
mendapatkan sayuran dan buah-buahan |
Menjadi
nelayan |
Mendapatkan
berbagai jenis ikan |
Memelihara
hewan ternak sapi |
Mudah
mendapatkan susu dan daging |
Melakukan
penghijauan |
Tersedianya
sumber air bersih |
4. Apa kesimpulan yang kamu dapatkan dari
kegiatan ini?
Daerah yang berbeda, tanaman yang dihasilkan pun
bisa berbeda sehingga manusia harus mampu menyesuaikan diri.
Bacalah artikel berikut ini dengan saksama!
Hak-Hak Seorang Siswa
Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk
memperoleh pendidikan. Setiap anak yang menjadi warga negara berhak atas
kesempatan untuk mengikuti pendidikan. Hal ini sesuai dengan Konvensi Hak Anak
yang ditandatangani pemerintah Indonesia. Setiap anak di Indonesia memiliki hak
untuk memperoleh pengetahuan, kemampuan dan keterampilan yang akan membantunya
menjadi warga negara yang mandiri di kemudian hari.
Setiap anak yang belajar di sebuah lembaga
pendidikan, baik formal maupun tidak formal, disebut sebagai siswa. Setiap
siswa yang belajar di sebuah sekolah mempunyai hak-hak yang sama. Menurut
Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 1990, yang dimaksud dengan hak-hak siswa
adalah hak untuk:
1. mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan
kemampuannya;
2. memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang
dianutnya;
3. mengikuti program pendidikan yang bersangkutan atas dasar
pendidikan berkelanjutan, baik untuk mengembangkan kemampuan diri maupun untuk
memperoleh pengakuan tingkat pendidikan tertentu yang telah dibakukan;
4. mendapat bantuan fasilitas belajar, beasiswa, atau bantuan
lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku;
5. pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih
tinggi sesuai dengan persyaratan penerimaan siswa pada sekolah yang hendak
dimasuki;
6. memperoleh penilaian hasil belajarnya;
7. menyelesaikan program pendidikan lebih awal dari waktu yang
ditentukan;
8. mendapat pelayanan khusus bilamana menyandang cacat.
Ayo Berdiskusi
Perhatikan daftar hak siswa di atas. Pahamilah
kalimat pada setiap bagian tersebut, lalu tuliskanlah kembali dengan
menggunakan kata-katamu sendiri. Jika kamu mengalami kesulitan untuk memahami
kata-kata sulit, gunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia untuk membantumu.
Tukarkanlah hasil pemahamanmu tentang hak-hak
siswa tersebut dengan teman dalam kelompokmu. Secara bergiliran bacakanlah
hasil pemikiranmu tentang hak siswa. Adakah kamu menemukan sesuatu yang menarik
dari diskusi tersebut? Apakah teman dalam kelompokmu memiliki pemahaman yang
sama?
Hak adalah milik, kepunyaan, kewenangan untuk
berbuat sesuatu karena telah ditentukan oleh undang-undang, aturan, dsb.
Ayo Renungkan Di akhir pembelajaran, siswa
diharapkan dapat melakukan refleksi diri dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan
berikut ini: 1. Apa hal paling menarik yang kamu pelajari pada kegiatan
pembelajaran hari ini? 2. Tantangan apa yang kamu hadapi pada kegiatan
pembelajaran hari ini? Bagaimana kamu menghadapinya? 3. Apakah yang kamu
rasakan ketika hakmu terpenuhi?
Pernahkah kamu melihat gambar di bawah? Gambar
tersebut merupakan pesan kepada masyarakat dalam bentuk papan iklan layanan
masyarakat. Papan iklan tersebut, merupakan salah satu media yang digunakan
untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui media cetak. Pesan atau
informasi apa saja yang kamu dapatkan dari papan iklan tersebut? Pernahkah kamu
melihat papan iklan serupa?
Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang
menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian
masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus mereka hadapi, yakni kondisi
yang bisa mengancam keselarasan dan kehidupan umum.
Ayo Mengamati
Perhatikanlah gambar-gambar berikut ini!
Apa yang dapat kamu ceritakan tentang gambar-gambar
di atas? Apakah kamu pernah menemuinya di lingkungan tempat tinggalmu?
Bagaimana pendapatmu terhadap gambar tersebut? Menurutmu, hal-hal apa sajakah
yang menyebabkan hal itu terjadi? Bagaimana hubungan atau interaksi manusia
terhadap lingkungan yang tampak dari gambar tersebut?
Dapatkah manusia hidup tanpa mengandalkan
lingkungan alamnya? Mengapa?
Manusia tidak dapat hidup tanpa lingkungan alam
karena manusia mendapatkan kebutuhan hidupnya dari alam.
2. Jelaskanlah dua atau tiga contoh interaksi
manusia dengan lingkungan alamnya yang terjadi di sekitarmu!
Beberapa contoh contoh interaksi manusia dengan
lingkungan alamnya yang terjadi di sekitar yaitu Petani yang mengolah
ladangnya, nelayan menangkap ikan di laut, dan orang-orang yang menebangi
hutan,
3. Sebutkan dan jelaskanlah contoh interaksi
manusia dengan lingkungan alamnya yang merugikan manusia dan lingkungannya!
Beberapa interaksi manusia dengan lingkungannya
yang merugikan antara lain membuang sampah sembarangan menyebabkan banjir,
menebang pohon sembarangan menyebabkan tanah longsor dan banjir.
4. Apa saja akibat interaksi negatif manusia
terhadap lingkungan alamnya? Jelaskan!
Akibat negatif interaksi manusia terhadap
lingkungannya adalah banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah,
tanah longsor yang terjadi karena manusia sering menebang pohon di tanah yang
landai, kebakaran hutan karena kecerobohan manusia.
Ayo Menulis
Berdasarkan bacaan di atas, gunakan diagram berikut untuk menjelaskan apa yang
telah kamu baca. Jelaskan dan tuliskanlah pemahamanmu pada setiap paragraf
bacaan tersebut. Lalu tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf yang
kamu anggap penting.
Judul : |
||
Paragraf 1 |
Paragraf 2 |
Paragraf 3 |
Manusia
tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alam. |
Tidak
semua interaksi manusia berdampak baik bagi alam |
Interaksi
manusia dengan lingkungan yang kurang baik dapat menyebabkan bencana. |
Kata Kunci |
Kata Kunci |
Kata Kunci |
Manusia |
Interaksi |
Interaksi |
Hidup |
Manusia |
Lingkungan |
Lingkungan
Alam |
Alam |
Bencana |
Perhatikanlah masyakarat di sekitar tempat
tinggalmu! Lakukanlah kegiatan berikut untuk mengamati interaksi masyarakat di
sekitarmu terhadap lingkungan alam dan pengaruh negatifnya. Gunakan tabel
berikut untuk membantumu!
Bentuk Kegiatan |
Pengaruh Negatif yang |
Usaha untuk |
Pertanian |
Penggunaan
pupuk buatan berlebihan merusak tanah |
Menggunakan
pupuk alam dari kotoran hewan |
Perkebunan |
Penggunaan
pestisida menyebabkan pencemaran lingkungan |
Penggunaan
musuh alami hama tanaman |
Peternakan |
Pembuangan
limbah peternakan ke sungai menyebabkan bau tidak enak yang menyengat. |
Limbah
ternak dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan ternak, pupuk organik, energi
dan media pelbagai tujuan |
Perikanan |
Limbah
sisa pengolahan ikan menimbulkan pencemaran lingkungan |
Tepung
dan silase ikan, dari limbah daging, tulang, insang dapat digunakan sebagai
bahan pembuatan pupuk dan pakan ternak/ikan. |
Perlihatkanlah hasil pengamatanmu kepada teman dalam kelompokmu.
Presentasikanlah hasil temuanmu di dalam kelompok. Jawablah pertanyaan yang
diberikan temanmu terhadap hasil presentasimu. Berikan juga tanggapan atas
pekerjaan temanmu yang lain.
Tuliskanlah kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan ini!
Mendapatkan manfaat dari lingkungan alam
merupakan hak kita. Tetapi memeliharanya adalah kewajiban kita bersama.
Sebagai warga negara dan anggota masyarakat, kita
perlu mengetahui hak dan kewajiban kita. Sebelumnya kamu telah mengetahui
hak-hakmu sebagai siswa dan sebagai seorang anak. Bersama dengan teman
sebangkumu, gunakan tabel di bawah ini, untuk menentukan hak-hakmu sebagai
siswa. Setelah itu, kamu dapat menentukan kewajibanmu untuk mendapatkan hak-hakmu.
Hakmu sebagai Siswa di Sekolah |
Kewajibanmu sebagai Siswa di Sekolah |
Mendapatkan
pendidikan dan pengajaran. |
Mengikuti
seluruh kegiatan sekolah |
Menggunakan
fasilitas pembelajaran |
Mematuhi
berbagai peraturan di lingkungan sekolah. |
Memperoleh
bimbingan dan konsultasi |
Memelihara
seluruh fasilitas yang ada di lingkungan sekolah. |
Hakmu sebagai Anak di Rumah |
Kewajibanmu sebagai Anak di Rumah |
Hak
Mendapatkan Kasih Sayang |
Membantu
Orang Tua |
Hak
Mendapatkan Perlindungan |
Belajar
dengan tekun dan sungguh-sungguh |
Hak
Mendapatkan Kesehatan |
Membereskan
Kamarnya |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar