Senin, 11 April 2022

Materi Ajar Selasa, 12 April 2022

 Kelas/ Semester : 2/ 2

Tema 8 : Keselamatan diRumah dan Perjalanan.

Subtema 1 : Aturan Keselamatan di Rumah. 

Pembelajaran : 5 dan 6

Oke Ibu guru persilahkan untuk anak-anak sholeh dan sholeha mempersiapkan alat-alat untuk belajar hari ini, namun sebelum itu jangan lupa mandi terlebih dahulu ya. Selanjutnya silahkan simak tausiyah, murojaah, serta sholat dhuha ya sayang baru kita akan mulai pembelajaran kita hari ini. Tetap semangat puasanya semoga puasa kita semua menjadi ladang pahala. Aamiin

Pada Pembelajaran 5 dan 6 Tema 8 Subtema 1 Aturan Keselamatan di Rumah akan mempelajari tentang membaca kalimat sederhana, menemukan penggunaan tanda tanya, dan menulis kalimat dengan memperhatikan aturan penggunaan tanda tanya dengan tepat,  mengenal satuan baku untuk mengukur waktu, menuliskan tanda waktu, memberikan contoh dan menyimulasikan kegiatan beribadah yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman teman sekolah dengan benar. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Ayo Mengamati
Amati dan bacalah teks percakapan berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Percakapan
Siti:Halaman ini masih kotor dan tergenang air. Kita harus membersihkan dan mengeringkannya. Bagaimana ya cara kita mengeringkannya?
Udin:Betul. Halaman ini harus bersih dan kering agar tidak licin. Bagaimana kalau kita gunakan alat pel karet untuk mengalirkan airnya?
Dayu:Ide yang bagus. Di mana kita mendapatkan alat pel karet? Siapa yang punya?
Beni:Di rumahku mungkin ada. Biar aku ambil sebentar, ya! Mudah-mudahan ada

Apa isi percakapan Udin dan teman-teman?
Isi percakapan Udin dan teman-teman adalah tentang membersihkan halaman yang kotor dan tergenang air.
Mengapa tempat bermain harus bersih dan kering?
Tempat bermain harus bersih dan kering agar tidak licin sehingga aman untuk bermain.
Apakah tindakan Udin dan teman-teman sudah benar?
Tindakan Udin dan teman-teman sudah benar karena tempat kotor dan tergenang air harus dibersihkan dan dikeringkan.

Ayo Membaca
Bacalah kutipan percakapan Udin dan teman-teman berikut dengan benar!
  1. Bagaimana ya cara kita mengeringkannya?
  2. Bagaimana kalau kita gunakan alat pel karet untuk mengalirkan airnya?
  3. Di mana kita mendapatkan alat pel karet?
  4. Siapa yang punya?

Kalimat-kalimat di atas merupakan kalimat tanya.


Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu.

Di setiap akhir kalimat tanya, selalu dibubuhkan tanda tanya (?).
Kita dapat menggunakan kata siapa, di mana dan bagaimana pada kalimat tanya.

Udin merayakan ulang tahun.

Ia mengundang semua teman satu kelasnya.

Teman-teman akan dijamu makan siang di rumahnya.

Ayo Mengamati
Amati dan bacalah teks percakapan berikut dengan nyaring!
Ulang Tahun Udin
Udin:yang diundang ada tetangga, teman-teman, dan juga ibu guru. Acaranya dimulai pukul dua siang. Tapi, di mana ibu guru, ya? Bagaimana, kalau sambil menunggu kita minum saja dulu?
Lani:Iya, sama-sama Udin. Kami juga berterima kasih telah diundang. Kami tadi naik sepeda. Siapa saja yang diundang Udin? Pukul berapa acaranya dimulai?
Udin:Selamat datang ya teman-teman. Aku senang dengan kehadiran kalian. Naik apa tadi ke sini?
Edo:Baiklah Udin. Sebelum minum, kita harus berdoa. Jangan lupa memegang gelas dengan hati-hati agar tidak pecah. Siapa yang mau memimpin doanya?
Beni:Biar aku saja. Sebelum minum mari kita berdoa menurut ajaran agama masing-masing. Berdoa, mulai!

Apa isi percakapan Udin dan teman-teman?
Udin dan teman-teman sedang membicarakan tentang acara ulang tahun Udin.

Ayo Membaca
Bacalah kalimat-kalimat tanya berikut dengan nyaring!
  1. Naik apa tadi ke sini?
  2. Siapa saja yang diundang Udin?
  3. Pukul berapa acaranya dimulai?
  4. Di mana ibu guru, ya?
  5. Bagaimana kalau sambil menunggu kita minum saja dulu?

Kalimat-kalimat di atas merupakan kalimat tanya.

Tentu kamu masih ingat dengan kalimat tanya, bukan?

Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu.

Ayo Berlatih
Perhatikan gambar berikut dengan teliti!
Kata Tanya
Tulislah kalimat tanya berdasarkan gambar yang kamu amati!

Tuliskan menggunakan kata apa, mengapa, kapan, siapa, di mana, dan bagaimana!

Tuliskan pada kolom berikut dengan rapi!
Berikut ini contoh kalimat berdasarkan gambar :
  1. Apa saja bahan pembuat kue ulang tahun tersebut?
  2. Mengapa kue ulang tahun dihiasi dengan buah-buahan dan bunga?
  3. Kapan kue ulang tahun tersebut dibuat?
  4. Siapa yang membuat kue ulang tahun tersebut?
  5. Di mana kita dapat membeli kue ulang tahun?
  6. Bagaimana cara membuat kue ulang tahun?

Apakah pertanyaan yang kamu buat sudah benar? Jika belum, coba perbaiki dengan memperhatikan aturan kalimat tanya yang benar!

Ayo Membaca
Udin dan teman-teman berdoa bersama sebelum minum.

Berdoa merupakan salah satu contoh perwujudan menjalankan ibadah.

Mereka berdoa sesuai ajaran agama masing-masing.

Mereka tidak saling memaksakan kehendak.

Udin dan teman-teman menunjukkan sikap hidup rukun.

Sikap hidup rukun merupakan wujud persatuan dalam keragaman.

Kegiatan yang menggambarkan persatuan dalam keagamaan
Salah satunya adalah kegiatan keagamaan umat Musilim dan Hindu di Pulau Bali. Ketika umat Muslim merayakan Idhul Fitri para Pecalang akan ikut membantu mengamankan kegiatan tersebut.

Ayo Berlatih
Coba tuliskan contoh kegiatan yang mencerminkan persatuan dalam beribadah! Perhatikan contoh berikut!
No.Kegiatan
1.Menghormati temanmu yang sedang melakukan shalat.

Sekarang, coba tuliskan kegiatanmu pada tabel berikut!
Tuliskan sesuai dengan ajaran agamamu ( contoh agama Islam)
No.AgamaKegiatan
1.IslamMenghormati teman yang sedang melakukan ibadah shalat
2.Menghormati teman lain yang sedang menjalankan ibadah puasa
3.Memberikan ucapan selamat kepada teman saat perayaan hari besar agama
4.Berkunjung ke rumah teman saat Idhul Fitri untuk saling memaafkan
5.Berbagi makanan ke teman lain saat hari raya
6.Mengajak teman untuk shalat berjamaah di Masjid.

Sekarang, coba peragakan di depan temanmu salah satu kegiatan yang kamu tulis! Peragakan dengan percaya diri!(hanya ilustrasi saja)
Saling Memaafkan

Ayo Mengamati
Tiup Lilin
Bacalah percakapan pada gambar berikut dengan nyaring!
Dayu:Hati-hati meniup lilinnya ya, Udin! Mata akan terasa perih jika kena asapnya.
Siti:Hati-hati juga memotong kuenya! Jangan sampai tanganmu terluka.

Apa yang dilakukan Udin dan teman-teman pada gambar?
Udin dan teman-teman akan meniup lilin ulang tahun.
Pukul berapa kegiatan itu berlangsung?
Kegiatan tersebut berlangsung pada pukul dua.
Perhatikan gambar jam berikut dengan teliti!
Jam Analog
Bilangan berapa saja yang kamu lihat?

Ada bilangan 1 sampai dengan 12, bukan?

Sehari semalam ada 24 jam.

Jadi dalam sehari, jam berputar penuh sebanyak 2 kali.

Setelah pukul 12.00 siang, penulisan waktu tidak kembali ke pukul 01.00.
Penulisan diteruskan ke pukul 13.00 hingga pukul 24.00.

Pukul 24.00 sama dengan pukul 12 malam.

Perhatikan kembali gambar berikut!
Jam 14
Waktu yang ditunjukkan oleh jam di samping adalah pukul empat belas. Ditulis pukul 14.00.
Waktu yang ditunjukkan oleh jam di samping adalah pukul tujuh belas. Ditulis pukul 17.00.

Waktu yang ditunjukkan oleh jam di samping adalah pukul dua puluh. Ditulis pukul 20.00.
Ayo Berlatih
Tulislah tanda waktu yang ditunjukkan oleh jam berikut dengan tepat!

Waktu yang ditunjukkan oleh jam di samping adalah pukul dua puluh satu. Ditulis pukul 21.00.

Waktu yang ditunjukkan oleh jam di samping adalah pukul lima belas. Ditulis pukul 15.00.

Waktu yang ditunjukkan oleh jam di samping adalah pukul dua belas. Ditulis pukul 12.00.

Waktu yang ditunjukkan oleh jam di samping adalah pukul dua puluh tiga. Ditulis pukul 23.00.
Waktu yang ditunjukkan oleh jam di samping adalah pukul enam belas. Ditulis pukul 16.00.



Latihan

Buatlah kalimat tanya tentang tema "Puasa bulan ramadhan" dengan kata tanya : 
1. Siapa
2. Apa 
3. Mengapa
4. Kapan
5. Bagaimana

Contoh: Di mana kamu sholat tarawih?

Kerjakan tugas diatas kemudian kirim kolase pengerjaannya kepada Bu guru. Terimakasih

Semangat terus puasanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar