Kelas/ Semester : 2/ 2
Tema 8 : Keselamatan diRumah dan Perjalanan.
Subtema 2: Menjaga Keselamatan di Rumah.
Pembelajaran : 5 dan 6
Oke Ibu guru persilahkan untuk anak-anak sholeh dan sholeha mempersiapkan alat-alat untuk belajar hari ini, namun sebelum itu jangan lupa mandi terlebih dahulu ya. Selanjutnya silahkan simak tausiyah, murojaah, serta sholat dhuha ya sayang baru kita akan mulai pembelajaran kita hari ini. Tetap semangat puasanya semoga puasa kita semua menjadi ladang pahala. Aamiin
Pada Pembelajaran 5 dan 6 Tema 8 Subtema 2 Menjaga Keselamatan di Rumah akan mempelajari tentang membaca dan menemukan kalimat sederhana yang di dalamnya memuat aturan penggunaan tanda tanya. Menulis kalimat dengan memperhatikan aturan penggunaan tanda tanya, membacakan kalimat yang telah ditulis. Memberikan contoh olahraga yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman teman sekolah, dan menceritakan pengalaman melakukan kegiatan yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman teman sekolah menggunakan gambar/poster. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran Bersama Bapak/Ibu guru.
Udin | : | Apakah kami boleh bermain di kolam renang, Ayah? |
Ayah | : | Boleh, Nak. Asalkan harus berhati-hati, ya! Kita harus memperhatikan keselamatan. Tahu bagaimana caranya, Nak? Kita harus memakai pelampung dan jangan ke tempat yang dalam ya, Nak! Itu bisa membahayakan diri. |
Isi percakapan Udin dan Ayah adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat bermain di kolam renang.
Pesan Ayah kepada Udin adalah kita harus berhati-hati dan memperhatikan keselamatan diri saat berada di kolam.
Jika pesan Ayah tidak dituruti maka Udin dapat mengalami kecelakaan di kolam, misalnya saja tenggelam.
- Apakah kami boleh bermain di kolam renang, Ayah?
- Tahu bagaimana caranya, Nak?
- Amati gambar dengan teliti!
- Buatlah pertanyaan-pertanyaan dari gambar tersebut!
- Tuliskan pertanyaan menggunakan kata: apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana!
- Apa yang sedang dilakukan Udin, Beni dan Edo?
- Mengapa mereka menggunakan pelampung?
- Siapa yang berani berenang ke tengah kolam renang?
- Di mana mereka berenang?
- Bagaimana cara menjaga keselamatan diri saat berada di kolam renang?
- Kapan mereka berenang di kolam renang?
Siti | : | Udin, siapa yang membelikan kamu sepeda? Kapan kamu bisa bersepeda? |
Udin | : | Ayahku yang membelikannya. Aku baru pandai bersepeda. Kata ayah, jika bersepeda harus berhati-hati. Benda-benda di sekitar juga harus diperhatikan dengan baik. |
Isi percakapan Udin dan Siti adalah tentang sepeda Udin dan nasehat ayah Udin ketika bersepeda.
Jika bermain sepeda tidak berhati-hati maka dapat jatuh dan membahayakan keselamatan.
- Siapa yang membelikan kamu sepeda?
- Kapan kamu bisa bersepeda?
- Tulislah pertanyaan menggunakan kata tanya: apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana.
- Tuliskan pertanyaan berdasarkan gambar berikut!
- Tuliskan pertanyaan yang kamu buat pada kolom berikut!
Pertanyan berdasarkan gambar :
- Apa yang terjadi pada kedua anak tersebut?
- Siapa nama anak yang terjatuh dari sepeda?
- Kapan mereka jatuh dari sepeda?
- Di mana mereka jatuh dari sepeda?
- Bagaimana cara agar tidak terjatuh dari sepeda?
- Mengapa mereka jatuh dari sepeda?
- Coba kamu tuliskan kegiatan bermain yang pernah kamu lakukan bersama temanmu!
- Tuliskan yang menunjukkan persatuan dalam keragaman!
- Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.
1. | Siti mulai bermain boneka pada pukul 16.00. Ia bermain selama 1 jam. Pukul berapakah ia selesai bermain? 16.00 + 01.00 = 17.00. | |
2. | Beni mulai membantu ibu pada pukul 14.00. Ia membantu ibu selama 60 menit (1 Jam). Pukul berapakah ia selesai membantu ibu? 14.00 + 01.00 = 15.00. | |
3. | Udin mulai bermain kasti pada pukul 15.00. Ia bermain selama 1 jam. Pukul berapakah ia selesai bermain? 15.00 + 01.00 = 16.00. | |
4. | Lani dan teman-teman mulai bermain petak umpet pada pukul 16.00. Mereka bermain selama 120 menit. ( 2 jam) Pukul berapakah mereka selesai bermain? 16.00 + 02.00 = 18.00. | |
5. | Beni mulai belajar 07.00. Ia belajar selama 4 jam. Pukul berapakah ia selesai belajar? 07.00 + 04.00 = 11.00. |
- Apa yang harus kita lakukan saat berbicara dengan orang lain?
- Siapa saja yang harus kita hormati saat berada di rumah?
- Kapan kita harus berpamitan kepada kedua orang tua?
- Di mana sebaiknya kita duduk saat menonton televisi?
- Bagaimana cara mengajukan permintaan pada kedua orang tua?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar