Minggu, 14 Mei 2023

Materi Ajar, Senin 15 Mei 2023

 Hari/tanggal           :  Jumat, 12 Mei 2023

Tema                         :  Benda-Benda di Sekitar Kita   (Tema 9)

Sub Tema                  :  Manusia dan Benda di Lingkungannya (Sub Tema 3)

Muatan Terpadu        :  Bahasa Indonesia, IPA, SBDP

Pembelajaran            :  2

Assalamualaikum semuanya.

Kali ini Bu guru akan menampilkan blogger untuk materi yang akan kita bahas .

Blogger ini Bu guru buat agar ananda dirumah dapat mempelajari kembali dan juga bagi yang tertinggal dapat menyatat atau mempelajari yang kelupaan.



Simak video berikut ini !!!



TUJUAN :

           1.       Dengan kegiatan mengamati gambar iklan di media cetak, siswa dapat mengidentifi kasi unsur-unsur                     iklan dan ciri-ciri bahasa iklan yang diperoleh dari media cetak dengan tepat.

           2.       Dengan kegiatan mengerjakan latihan tentang iklan di media cetak, siswa dapat menyebutkan unsur-                      unsur iklan dan ciri-ciri bahasa yang digunakan dalam pembuatan iklan di media cetak, serta menyajikan               hasil kesimpulan isi teks paparan iklan media cetak secara visual dengan benar.

           3.       Dengan kegiatan mengerjakan latihan mengenai campuran homogen dan heterogen, siswa dapat                             mengidentifikasi campuran homogen dan heterogen di lingkungan sekitar dengan benar.

           4.       Dengan kegiatan mencoba mengklasifikasikan jenis campuran berbagai benda, siswa dapat membuat                     laporan sederhana berdasarkan hasil pengamatan tentang sifat-sifat zat campuran dan komponen                            penyusunnya secara tepat.

Pada Pembelajaran 2 Tema 9 Subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya kita akan belajar tentang menjelaskan isi iklan, menjelaskan jenis-jenis iklan berdasarkan isinya, menuliskan jenis iklan dan informasi penting yang terdapat dalam iklan, mengidentifikasi perilaku yang mengindahkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat dan akibatnya, akibat yang timbul dari tidak adanya persatuan dan kesatuan, makna persatuan dan kesatuan serta akibat dari tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan negara, pengertian kegiatan ekonomi dan jenis-jenis kegiatan ekonomi d, pengaruh kegiatan ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat, dan akibat jika kegiatan ekonomi tidak berjalan dengan baik dan pengaruhnya terhadap kesejahteraan masyarakat. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai penduan saat mengikuti pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.


Minggu pagi, Edo sedang membersihkan halaman depan rumahnya yang kotor. Tiba-tiba datang penjual koran langganan ayahnya memberikan sebuah koran pada Edo. Edo menerima koran tersebut dan melihatnya sekilas sebelum diserahkan kepada ayahnya. Berita utama pagi itu, telah terjadi pertengkaran antarwarga yang dipicu oleh persaingan dagang.

Edo sengaja tidak langsung memberikan koran pada ayahnya. Ia melihat-lihat koran yang baru saja diterimanya dari penjual koran. Tak sengaja pandangannya tertuju pada sebuah iklan. Ia teringat dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah beberapa hari yang lalu. Pelajaran tersebut membahas tentang iklan di media cetak. Iklan apa yang dilihat Edo?

Ayo Mengamati
Perhatikan iklan yang dilihat Edo pada koran!
Iklan Gigident

Setelah mengamati, coba kamu jelaskan tentang isi iklan tersebut.

Uraikan dalam kolom berikut. 
Isi iklan di atasIklan tersebut berisi tentang penawaran sebuah produk pasta gigi bermerk “Gigident”. Pasta gigi tersebut berfungsi mengurangi rasa ngilu pada gigi hanya dalam selang waktu 30 menit setelah pemakaian. Pasta gigi tersebut juga melindungi gigi agar bebas dari rasa ngilu lebih lama.

Ayo Membaca
Edo selesai melihat-lihat koran, kemudian ia segera menyerahkan koran tersebut kepada ayahnya dan kembali ke halaman. Edo bergegas membersihkan halaman hingga selesai. Setelah itu, Edo mencuci kaki dan tangan, kemudian menuju ruang belajarnya. Ia ingin melanjutkan belajar tentang materi iklan yang beberapa hari sebelumnya telah ia pelajari di sekolah. Ayo simak materi iklan yang dipelajari Edo selanjutnya.

Berdasarkan isinya, iklan dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu 
Jenis Iklan Berdasarkan isi
  1. Iklan pengumuman atau pemberitahuan Iklan pengumuman atau pemberitahuan adalah iklan yang bertujuan menarik perhatian khalayak umum tentang suatu hal, misalnya iklan duka cita.
  2. Iklan penawaran (niaga) Iklan penawaran (niaga) yaitu iklan yang bertujuan menawarkan sesuatu, misalnya iklan barang.
  3. Iklan layanan masyarakat Iklan layanan masyarakat yaitu iklan yang bertujuan untuk memberikan penerangan tentang suatu hal. Misalnya, larangan menggunakan narkoba, larangan merokok di tempat umum, dan lain-lain.

Ayo Berlatih
Amatilah iklan yang terdapat dalam sebuah majalah berikut ini.
Iklan Layanan Masyarakat

Jenis iklan apakah pada gambar di atas? Apa informasi penting dalam iklan tersebut? Tuliskan pada kolom berikut. Jawaban:
Iklan tersebut termasuk iklan layanan masyarakat. Informasi-informasi penting yang terdapat dalam iklan. adalah mengajak masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan.. Masyarakat juga dihimbau untuk hindari sesuatu yang dapat menimbulkan hilangnya rasa persatuan dan kesatuan.

Iklan di atas, memberitahukan kepada masyarakat bahwa menjaga persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting bagi keberlanjutan pembangunan. Oleh karena itu, hindari perbuatan yang dapat menimbulkan hilangnya rasa persatuan dan kesatuan. Dalam kehidupan sehari-hari terapkan sikap dan perilaku untuk saling toleransi antarsesama, saling menghargai, tidak menang sendiri, menghormati orang lain, dan selalu rukun. Coba bayangkan, apa yang akan terjadi jika tidak ada persatuan dan kesatuan dalam masyarakat? Tentu akan terjadi perpecahan yang menyebabkan kehidupan terganggu dan tidak nyaman.

Kerjakan latihan berikut ini, dengan menyimak video pembelajaran diatas!

Latihan :

1. Sebutkan dua ciri-ciri bahasa iklan dalam media cetak!

2. Sebutkan unsur-unsur yang terdapat pada iklan dalam tayangan video!

3. Apa yang dimaksud campuran homogen?

4. Apa fungsi individual pada seni rupa?

5. Sebutkan jenis karya seni rupa daerah di Indonesia!


SELAMAT BELAJAR


Tidak ada komentar:

Posting Komentar