Hari/tanggal : Selasa, 09 Mei 2023
Tema : Benda-Benda di Sekitar Kita (Tema 9)
Sub Tema : Benda dalam Kegiatan Ekonomi (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke : 6
Assalamualaikum semuanya.
Kali ini Bu guru akan menampilkan blogger untuk materi yang akan kita bahas .
Blogger ini Bu guru buat agar ananda dirumah dapat mempelajari kembali dan juga bagi yang tertinggal dapat menyatat atau mempelajari yang kelupaan.
Ayo Membaca
Pemanfaatan sumber daya alam harus dilakukan dengan hati-hati dan bijaksana. Sumber daya alam yang kita miliki harus dilestarikan. Kita tidak boleh memanfaatkan secara sembarangan. Jika sumber daya alam yang kita miliki habis atau rusak, kita terancam bencana. Lingkungan yang rusak dapat mengancam kehidupan masyarakat. Misalnya jika laut tercemar, maka ikan juga akan tercemar, dan orang yang memakannya juga akan sakit.
Menjaga kelestarian alam merupakan kewajiban kita, baik sebagai individu maupun masyarakat. Betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam yang ada di dalamnya. Sudah sepatutnya dalam bentuk kerja sama antaranggota masyarakat maupun dengan pemerintah diwujudkan.
Bentuk-bentuk kerja sama yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut:
1. Kerja sama warga masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan
Anggota masyarakat merupakan unsur yang menikmati sumber daya alam sekaligus unsur yang merasakan langsung dampak jika terjadi kerusakan lingkungan. Oleh karena itu, setiap anggota masyarakat berkewajiban bahu-membahu dan bekerja sama dalam menjaga kelestarian lingkungan.
Berikut upaya-upaya yang dapat dilakukan secara berkerja sama dalam menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam di dalamnya
- Melaksanakan kerja bakti kebersihan secara rutin.
- Saling mengingatkan jika ada yang merusak lingkungan.
- Melakukan kegiatan reboisasi di lingkungan sekitar tempat tinggal.
- Mengelola sampah dengan baik.
Kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah dapat dilaksanakan dengan penetapan dan pelaksanaan peraturan dan program-program lingkungan hidup.
- Memberikan sanksi sepadan kepada perusak lingkungan.
- Memberikan hadiah dan penghargaan kepada pribadi ataupun kota yang menjaga kelestarian lingkungan seperti adipura dan kalpataru.
- Membentuk LMDH atau Lembaga Masyarakat Desa Hutan untuk mengontrol secara swadaya kelestarian hutan.
- Menyediakan tempat pembuangan sampah.
Jika masyarakat dan pemerintah telah melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan, maka manfaat dari lingkungan pun bisa kita dapatkan. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.
- Hidup aman terhindar dari bencana alam.
- Hasil alam yang melimpah.
- Hidup nyaman karena lingkungan asri dan udara bersih.
- Kebutuhan tercukupi dengan baik karena telah disediakan alam.
- Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam.
- Sumber daya alam yang terjaga dengan baik menjadi modal pembangunan.
Ayo Mengamati
Amati perilaku dan kegiatan-kegiatan masyarakat di sekitar tempat tinggalmu berkaitan dengan usaha-usahanya dalam menjaga kelestarian lingkungan alam beserta manfaat yang bisa dirasakan.
Tuliskan pada tabel berikut!
Usaha-Usaha Masyarakat dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan Alam | |
---|---|
Usaha Masyarakat | Manfaat |
Tidak menebang hutan secara liar | Hutan tidak gundul dan tetap lestari |
Tidak membuang sampah di sungai | Sungai tetap bersih dan lestari |
Tidak menggunakan pestisida secara berlebihan | Lingkungan tidak tercemar |
Tidak melakukan perburuan liar | Hewan langka tetap terjaga kelestariannya |
Melakukan penghijauan | Lingkungan tetap hijau |
Tidak membangun perumahan di tepi sungai | Aliran air sungai tetap lancar |
Tidak melakukan alih fungsi hutan | Hutan tetap berfungsi dengan baik |
Menanam bakau di pinggir pantai | Pantai tidak terkena abrasi |
Melakukan tebang pilih tanam | Keragaman hutan tetap terjaga |
Tidak menangkap ikan dengan bahan peledak | Ikan terjaga kelestarianya |
Tidak membuang limbah ke sungai | Sungai tetap bersih |
Salah satu contoh kewajiban kita terhadap lingkungan sebagai masyarakat adalah melaksanakan kerja bakti. Ketja bakti membersihkan lingkungan banyak jenisnya seperti m em bersihkan lingkungan sekitar tem pat tinggal, melakukan reboisasi, dan membersihkan saluran air dan sungai
Ayo Membaca
Kerja Bakti di Hari Minggu Bentuk Pelaksanaan Kewajiban Masyarakat Terhadap Lingkungan
Kegiatan kerja bakti di hari Minggu telah menjadi budaya di sebagian besar masyarakat Indonesia. Kerja bakti ini dilakukan secara sadar oleh masyarakat dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang menyangkut lingkungan.
Banyak kegiatan dalam kerja bakti seperti membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal dengan menyapu, mencabut rumput liar, menebang dahan pohon yang mengganggu, membersihkan got dan saluran air, serta membersihkan sampah. Masyarakat sadar, dengan kerja bakti akan membuat lingkungan tempat tinggal menjadi bersih dan asri. Hal ini akan berdampak pada kehidupan masyarakat. Masyarakat dapat hidup dengan nyaman, aman, dan sehat.
Kerja bakti merupakan contoh kegiatan manusia yang selaras dengan lingkungan. Masyarakat melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan dengan menjaga kelestariannya, maka akan berdampak positif bagi kehidupan masyarakatnya itu sendiri. Masyarakat akan terhindar dari bencana alam.
Ayo Mengamati
Berikan contoh bentuk-bentuk kerja bakti sebagai pelaksanaan kewajiban terhadap lingkungan
a. Di lingkungan rumah
No. | Contoh Kerja Bhakti |
---|---|
1. | Bergotong royong membersihkan halaman rumah |
2. | Bersama-sama membantu ibu memasak |
3. | Bersama-sama membantu ayah mencuci mobil |
4. | Bersama-sama melakukan kegiatan menanam bunga di rumah |
5. | Bersama-sama mengepel lantai rumah |
b. Di lingkungan sekolah
No. | Contoh Kerja Bhakti |
---|---|
1. | Melaksanakan piket kelas bersama-sama |
2. | Bersama-sama menghias sekolah jelang perayaan hari kemerdekaan |
3. | Bersama-sama membersihkan perpustakaan sekolah |
4. | Bersama-sama membersihkan lingkungan sekolah |
5. | Bersama-sama mengerjakan mading sekolah |
c. Di lingkungan masyarakat>
No. | Contoh Kerja Bhakti |
---|---|
1. | Gotong royong membangun jembatan |
2. | Kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar |
3. | Bergotong royong menyiapkan kegiatan hari besar agama |
4. | Bergotong royong membangun tempat ibadah. |
5. | Bergotong royong melakukan penghijauan di lingkungan sekitar |
Ayo Berlatih
Amatilah perilaku orang-orang di sekitarmu! Sebut dan identifikasikan perilaku-perilaku yang menujukkan pelaksanaan kewajiban dalam menjaga kelestarian lingkungan! Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/Ibu uru, atau orang-orang lain di sekitarmu. Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti kotak berikut.
LAPORAN HASIL WAWANCARA
Nama : Dayu
Pertanyaan yang diajukan: Kegiatan-kegiatan apa yang sudah anda lakukan dalam menjaga kelestarian lingkungan?
Hasil Wawancara:.
No. | Nama Narasumber | Jawaban |
---|---|---|
1. | Orang Tua | Kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan yaitu membuang sampah pada tempatnya |
2. | Ketar RT | Kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan yaitu melakukan reboisasi |
3. | Keponakan | Kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan yaitu dengan menjaga kelestarian hutan |
4. | Tetangga | Kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan yaitu mengurangi penyebab pencemaran lingkungan |
5. | Teman Sekelas | Kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan yaitu melakukan daur ulang sampah |
6. | Anak tetangga | Kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan yaitu menggunakan kendaraan ramah lingkungan |
7. | Kakak | Kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan yaitu menggunakan energi secara efisien |
8. | Adik | Kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan yaitu mengurangi penggunaan bahan plastik |
9. | Paman | Kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan yaitu menanam pohon di pekarangan rumah |
10. | Bibi | Kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan yaitu mebersihkan sungai dari sampah |
Kesimpulan :
Lingkungan harus kita jaga kelestariannya karena apabila lingkungan tidak ada maka manusia, hewan, dan tumbuhan tidak dapat bertahan hidup.
Ayo Mencoba
Ada banyak usaha yang dapat kita lakukan untuk menjaga lingkungan. Salah satunya dengan mendaur ulang barang-barang bekas. Dengan mendaur ulang barang-barang bekas lingkungan kita menjadi bersih dan dapat menghasilkan barang yang berguna.
Membuat Kereta Mainan Bertenaga Angin
Jika kamu meminum minuman dalam kemasan, jangan dibuang bungkus kemasannya. Masih dapat kita jadikan sebagai mainan
Bahan-Bahan
- Satu kemasan bekas minuman kemasan.
- Satu sedotan bekas minuman kemasan.
- Empat tutup botol bekas minuman.
- Satu batang lidi.
- Lem.
Langkah-Langkah
- Potong sedotan menjadi dua dan rekatkan ke kotak minuman. Sedotan ini berfungsi sebagai tempat as atau poros roda.
- Lubangi keempat tutup botol ditengah-tengah. Potong lidi sukuran lebar kotak dan ditambah 5 cm. Masukann lidi ke tutup botol.
- Masukan roda ke dalam sedotan dan badan kereta pun sudah terbentuk.
- Tambahkan aksesoris seperti cerobong asap dan ruang masinis.
- Cara memainkannya dengan meniup bagian belakang kereta. Karena kereta ini sangat ringan maka dengan tiupan kereta pun akan bergerak ke depan.
1. Apa sumber energi kereta kertas?
Kereta kertas menggunakan sumber energi angin
2. Bagaimana kereta kertas bisa bergerak?
Kereta kertas dapat bergerak karena ada tiupan angin pada bagain belakang
3. Tuliskan laporan dari hasil percobaan yang telah kamu lakukan!
Laporan Percobaan Membuat Mainan Bertenaga Angin | ||
---|---|---|
Tujuan Percobaan | : | Mengetahui pemanfaatan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari |
Alat dan bahan | : |
|
Langkah-langkah | : | Langkah-langkah Percobaan:
|
Hasil Percobaan | : | Ketika kereta mainan ditiup pada bagian belakan, kereta bergerak ke depan. Kegiatan tersebut menunjukkan pemanfaatan energi. |
Kesimpulan | : |
Ayo Renungkan\
1. Apa yang kamu pelajari hari ini?
Hari ini saya telah belajar mengenai perilaku-perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari.
2.Manfaat apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?
Manfaat yang saya peroleh pada hari ini saya mengetahui tentang pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dan pemanfaatan energi
3. Keterampilan apa saja yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?
Keterampilan yang saya peroleh hari ini adalah keterampilan melakukan kegiatan wawancara.dan cara membuat mainan bertenaga angin
4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?
Setelah pembelajaran hari ini saya ingin lebih mengetahui pelaksanaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar