Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung
Kelas / Semester : V (Lima) / 2
Tema 8 : Lingkungan Sahabat Kita
Sub Tema 2 : Perubahan Lingkungan
Pembelajaran : 5
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu mengidentfikasi urutan peristiwa dalam teks nonfiksi dengan benar
Melalui kegiatan mempresentasikan poster yang telah dibuat, siswa dapat menjelaskan hasil analisis dampak siklus air terhadap kehidupan dengan benar dan percaya diri.
Melalui kegiatan pengamatan, siswa mampu menyebutkan berbagai iringan tari dengan benar.
Melalui kegiatan mencoba, siswa dapat memperagakan gerak berpola lantai pada tari dengan iringan.
Assalamualaikum semuanya.
Kali ini Bu guru akan menampilkan blogger untuk materi yang akan kita bahas .
Blogger ini Bu guru buat agar ananda dirumah dapat mempelajari kembali dan juga bagi yang tertinggal dapat menyatat atau mempelajari yang kelupaan.
Mari kita mulai!
Gambar menunjukkan peristiwa kekeringan.
Daerah saya pernah mengalami kekeringan beberapa tahun yang lalu
Dalam menghadapi kekeringan kita dapat melakukan beberapa hal, antara lain berdoa kepada Tuhan supaya segera turun hujan, menghemat pemakaian air, dan mendaur ulang pemakaian air, misalnya air bekas mencuci bahan makanan digunakan untuk menyiram tanaman
No. | Pertanyaan | Jawaban |
---|---|---|
1. | Dari mana asal Tari Suling Dewa? | Tari Suling Dewa berasal dari masyarakat Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. |
2. | Kapan dilakukan Tari Suling Dewa? | Masyarakat menarikan Tari Suling Dewa saat kekeringan melanda daerahnya. |
3. | Siapa yang melakukan Tari Suling Dewa? | Tari Suling Dewa dilakukan oleh para tokoh adat atau sesepuh adat Desa Bayan |
4. | Apa tujuan dilakukan Tari Suling Dewa? | Tari Suling Dewa merupakan sarana permohonan doa kepada Tuhan agar hujan segera turun. |
5. | Mengapa air penting bagi manusia? | Air penting bagi manusia sebagai sumber kehidupan. Manusia membutuhkan air karena 90% tubuh kita merupakan cairan. Air juga kita perlukan untuk sarana kebersihan |
Ayo Bercerita
Perkenalkan nama saya Siti. Saya akan mempresentasikan tentang Dampak Siklus Air terhadap Kehidupan.Tanpa Air, Apa Jadinya Makhluk Hidup? Manusia sangat membutuhkan air karena lebih dari setengah Zat pembentuk tubuh manusia adalah air. Semua aktivitas yang pernah ada di muka Bumi membutuhkan air. “Tanpa Air Tidak Ada Kehidupan”Air banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk mandi, mencuci, memasak dan sebagainya. Darimana datangnya air? Mengapa air tak kunjung habis, walaupun kita gunakan setiap hari? Air selalu ada di bumi karena air mengalami siklus (daur). Siklus air adalah perubahan yang terjadi pada air secara berulang dalam suatu pola tertentu.Ada banyak dampak yang ditimbulkan oleh siklus air terhadap kehidupan. Berikut ini beberapa dampak siklus air.
- Siklus air mempengaruhi peristiwa di bumi dan kelangsungan hidup makhluk hidup.
- Siklus air menyediakan air yang dibutuhkan oleh makhluk hidup.
- Siklus air juga mempengaruhi kelembaban, suhu, curah hujan dan iklim di bumi.
- Uap air hasil evaporasi yang ada di atmosfer akan mempengaruhi kelembaban dan suhu.
- Uap air akan mengurangi suhu di bumi sehingga tidak terlalu panas.
- Air yang turun sebagai hujan menghasilkan air tawar yang dibutuhkan makhluk hidup untuk dapat bertahan hidup.
- Jika siklus air terganggu maka bencana kekeringan akan melanda bumi.
Mari kita biasakan menghemat air dalam kehidupan sehari-hari. Hemat air selamatkan bangsa dari bencana kekeringan.Demikian prsentasi saya tentang dampak siklus air terhadap kehidupan. Semoga presentasi ini bermanfaat, Terima Kasih.
No. | Tarian | Daerah | No. | Tarian | Daerah |
---|---|---|---|---|---|
1. | Tari Seudati, Tari Saman Meusekat | Aceh | 18. | Tari Tambun dan Bungai, Tari Balean Dadas | Kalteng |
2. | Tari Serampang Dua Belas, Tari Tor-tor | Sumut | 19. | Tarian Kancet Ledo | Kalut |
3. | Tari Piring, Tari Payung | Sumbar | 20. | Tari Gong, Tari Perang | Kaltim |
4. | Tari Tandak, Tari Makan Sirih | Riau | 21. | Tari Baksa Kembang, Tari Radab Rahayu | Kalsel |
5. | Tari Joget Lambak | Kepri | 22. | Tari Legong, Tari Kecak, Tari Pendet | Bali |
6. | Tari Sekapur Sirih, Tari Selampir Del | Jambi | 23. | Tari Maengket, Tari Polo | Sulut |
7. | Tari Andun, Tari Bidadari Teminang Anak | Bengkulu | 24. | Tari Saronde | Gorontalo |
8. | Tari Tanggai, Tari Putri Bekhusek | Sumsel | 25. | Tari Lumense, Tari Moduai, Tari Peule Cinde | Sulteng |
9. | Tari Campak | Babel | 26. | Tari Toerang Batu | Sulbar |
10. | Tari Jangget, Tari Melinting, Tari Badana | Lampung | 27. | Tari Kipas, Tari Bosara | Sulsel |
11. | Tari Jaipong, Tari Topeng Kuncaran, Tari Merak | Jabar | 28. | Tari Balumpa, Tari Dinggu | Sultra |
12. | Tari Merak, Tari Cokek | Banten | 29. | Tari Mpa Lenggogo, Tari Gandrung | NTB |
13. | Tari Topeng, Tari Yopong | DKI Jakarta | 30. | Tari Perang, Tari Caci, Tari Gawi | NTT |
14. | Tari Serimpi, Tari Blambang Cakil, Tari Gambyong | Jateng | 31. | Tari Lenso, Tari Cakelele | Maluku |
15. | Tari Golek Menak, Tari Bedhaya | DIY | 32. | Tari Perang, Tari Nahar Ilaa | Malut |
16. | Tari Remong, Tari Reog Ponorogo, Tari Padang Wulan | Jatim | 33. | Tari Suanggi, Tari Perang Papua | Papua |
17. | Tari Monong, Tari Zapin Tembung | Kalbar | 34. | Tari Selamat Datang, Tari Musyoh | Papua Barat |
Pengetahuan dan keterampilan tentang dampak siklus air terhadap kehidupan.
Sikap menghargai perbedaan pendapat dengan orang lain
Matematika
Penyajian data merupakan salah satu kegiatan dalam pembuatan laporan hasil penelitian yang telah dilakukan agar dapat dipahami dan dianalisis sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Data yang disajikan harus sederhana dan jelas agar mudah dibaca. Penyajian data juga dimaksudkan agar pengamat dapat dengan mudah memahami apa yang kita sajikan untuk selanjutnya dilakukan penilaian atau perbandingan, dan lain-lain.
Pengumpulan data dilakukan untuk data pribadi atau lingkungan. Data pribadi meliputi tinggi badan, berat badan, golongan darah, dan lain-lain. Data lingkungan adalah lingkungan sekolah siswa. Ada beberapa cara pengumpulan data, yaitu tes, wawancara, angket, observasi, dan lain-lain.
Penyajian data ditujukan agar data mudah dibaca. Ada beberapa cara penyajian data yang dibahas, yaitu : daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, dan diagram garis. Secara garis besar ada dua cara penyajian data, yaitu dengan daftar atau tabel dan diagram atau grafik. Dua cara penyajian data ini saling berkaitan karena pada dasarnya sebelum dibuat sebuah grafik data tersebut berupa sebuah tabel.
Berikut ini soal uji kompetensi penyajian data matematika kelas V Sekolah Dasar.
Untuk soal nomor 1-2.
Daftar nilai ulangan PPKn siswa kelas V SD Nusantara 03.
85 70 90 85 75 85
80 95 85 75 85 80
85 80 85 75 65 85
90 85 85 85 80 90
90 95 95 90 95 90
1. Dari daftar nilai di atas, nilai tertinggi adalah …(95)
2. Dari daftar nilai di atas, selisih antara nilai tertinggi dan terendah adalah …(30)
3. Perhatikan tabel di bawah ini!
No. | Nilai | Banyak Siswa |
---|---|---|
1. | 65 | 3 |
2. | 75 | 5 |
3. | 80 | 12 |
4. | 85 | 8 |
5. | 90 | 2 |
Banyak siswa yang mendapat nilai tertinggi adalah … anak.(2)
4. Perhatikan tabel berikut.
Berikut ini adalah data umur siswa kelas IV – VI.
Berdasarkan data umur pada tabel di atas, banyak siswa yang umurnya di bawah 11 tahun adalah … anak.(55).
Untuk soal nomor 5-6.
Data peserta jalan sehat dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke-73 adalah sebagai berikut.
5. Berdasarkan diagram gambar di atas, banyaknya siswa laki-laki yang mengikuti kegiatan jalan sehat adalah … anak.(650)
6. Berdasarkan diagram gambar di atas, banyaknya siswa yang mengikuti kegiatan jalan sehat adalah … anak. (1.300)
Untuk soal nomor 7-8.
Berikut adalah data nilai Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika siswa kelas V.
7. Banyak siswa yang memiliki nilai tertinggi adalah …(1)
8. Selisih siswa yang memiliki nilai tertinggi dan terendah adalah …(6)
Untuk soal nomor 9-12.
Berikut adalah data tinggi badan dari seorang siswa kelas V.
9. Berdasarkan diagram garis di atas, tinggi badan pada umur 7 tahun adalah … cm.(120 cm)
10. Peningkatan tinggi badan dari umur 9 tahun hingga 10 tahun adalah … cm. (10 cm)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar