Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR I
Kelas / Semester : 5 /1
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
Muatan MATERI : Skala
Alokasi waktu : 1 Hari
Pendahuluan ( 10 Menit )
Pendahuluan ( 10 Menit )
Apakabar anak Soleh Soleha 🥰 semoga sehat semua ya
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!
Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!
Perbandingan Dan Skala
Perbandingan adalah membandingkan dua nilai atau lebih dari suatu besaran yang sejenis dan dinyatakan dengan cara yang sederhana.
Skala adalah perbandingan antara jarak pada gambar dengan jarak yang sebenarnya.
Contoh Soal Dan Pembahasan
1. Perbandingan sederhana dari 250 m : 2 km adalah...
Penyelesaian :
Samakan satuan dari nilai yang dibandingkan ke satuan yang lebih kecil yaitu m lalu sederhanakan dengan membagi angka yang sama.
⇒ 250 m : 2.000 m
⇒ 250 : 2.000 (kedua nilai dibagi 250)
⇒ 1 : 8
2. Perbandingan sederhana dari 3½ : 2¼
Penyelesaian :
Ubah bentuk pecahan campuran menjadi pecahan biasa, kali kedua nilai dengan KPK penyebut.
⇒ ⁷/₂ : ⁹/₄
⇒ ( ⁷/₂ x 4) : (⁹/₄ x 4)
⇒ 14 : 9
3. Jika perbandingan nilai A dan B adalah 2:5 dan perbandingan nilai B dan C adalah 3:4 maka tentukanlah nilai perbandingan A, B dan C!
Penyelesaian :
Karena dari kedua perbandingan sama-sama ada B, maka samakan B dengan mengali silang maka akan didapat nilai A:B:C
⇒ A : B=2 : 5 (kalikan dengan angka 3)
B : C=3 : 4 (kalikan dengan angka 5)
⇒ A : B=6 :15
B : C=15 : 20
⇒ A : B : C=6 : 15 : 20
4. Perbandingan umur Annisa dan Fatmah adalah 3 : 4. Jika umur Fatmah adalah 16 tahun, maka berapakah umur Annisa?
Penyelesaian :
⇒ Umur Annisa=¾ x 16⇒ 12 tahun
5. Perbandingan kelereng Faldi dan kelereng Andi adalah 5 : 7. Jika jumlah kelereng mereka adalah 60 buah, berapakah banyak kelereng Andi?
Penyelesaian :
Karena yang diketahui adalah jumlah kelereng Faldi dan Andi maka angka pembanding yang diketahui juga jumlah angka pembandingnya yaitu 5+7.
⇒ Kelereng Andi= 7 x 60
5+7
⇒ Kelereng Andi= 7 x 60
12
⇒ Kelereng Andi=35 buah
6. Perbandingan banyak siswa laki-laki dan perempuan pada suatu sekolah adalah 5 : 6. Jika jumlah semua dalam suatu sekolah 440 siswa. Jumlah siswa perempuan....
Penyelesaian :
Perbandingan siswa laki-laki dan perempuan 5 : 6, dijumlahkan menjadi 11. Jumlah seluruh siswa 440.
⇒ Siswa perempuan= 6 x 440
5+6
⇒ Siswa perempuan= 6 x 440
11
⇒ Siswa perempuan=240 siswa
7. Jarak rumah Wawan ke sekolah 600 m. Jarak rumah Nino ke sekolah dalam sebuah denah digambar 12 cm. Skala denah tersebut adalah ...
Penyelesaian :
Karena satuan yang biasanya digunakan pada skala adalah cm, ubah jarak sebenarnya ke cm terlebih dahulu (m ke cm turun 2 tangga)=600 x 100=60.000 cm.
Jarak sebenarnya
⇒ Skala= 12 cm (sederhanakan dengan membagi pembilang dan penyebut dengan 12)
60.000 cm
⇒ Skala yang digunakan adalah 1 : 5.000
8. Jarak antara kota A dan b adalah 85 km. Apabila kedua kota tersebut digambar pada peta berskala 1 : 1.700.000, maka jarak kota A dan B pada peta adalah.....cm.
Penyelesaian :
Ubah jarak sebenarnya menjadi cm yaitu 85 km=8.500.000 cm.
Tulis skala dalam bentuk pecahan yaitu 1
1.700.000
⇒ Jarak peta=Skala x Jarak sebenarnya
⇒ Jarak peta= 1 x 8.500.000
1.700.000
⇒ Jarak peta=5 cm
9. Pada suatu peta yang menggunakan skala 1:400.000 jarak dua buah kota adalah 8cm. Berapakah jarak sebenarnya dari kedua kota tersebut?
Penyelesaian :
⇒ Jarak sebenarnya=Jarak peta
skala
⇒ Jarak sebenarnya= 8 cm (ubah ke bentuk perkalian)
1:400.000
⇒ Jarak sebenarnya=8 cm x 400.000
1
⇒ Jarak sebenarnya=3.200.000 cm (ubah satuan menjadi km)
⇒ Jarak sebenarnya=32 km
10. Sebidang tanah berbentuk persegi panjang dibuat gambar model dengan panjang 16cm dan lebar 10cm. Jika skala gambar adalah 1:500, maka luas tanah sebenarnya adalah.... m²
Penyelesaian :
Terlebih dahulu hitunglah masing-masing panjang sebenarnya dan lebar sebenarnya. Ubah ke satuan m lalu hitung luas menggunakan rumus luas persegi panjang.
⇒ Panjang sebenarnya=panjang gambar
skala
⇒ Panjang sebenarnya= 16 cm
1:500
⇒ Panjang sebenarnya=16 cm x 500=8.000 cm=80 m
⇒ Lebar sebenarnya= panjang gambar
skala
⇒ Lebar sebenarnya= 10 cm
1:500
⇒ Lebar sebenarnya=10 cm x 500=5.000 cm=50 m
⇒ Luas sebenarnya=panjang x lebar
⇒ Luas sebenarnya=80 m x 50 m=4.000 m²
Penutup ( 15 Menit )
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, bagaimana ? apakah semua sudah mengerti ? Alhamdulillah jika semua sudah mengerti, namun jika ada yang belum paham ibu guru berikan kesempatan untuk bertanya.
Untuk lebih memahami pembelajaran hari ini mari kita Review kembali pembelajaran kita hari ini dengan menjawab soal berikut ini :
Mengerjakan soal dibuku cetak halaman 115, nomor 1-5!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar