Minggu, 25 Desember 2022

Materi Ajar, Kamis 17 November 2022 Tema 5 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 4


 Satuan Pendidikan             : SD AL AZHAR I

Kelas / Semester                 :  5 /1

Tema                                     :  Ekosistem ( Tema 5)

Sub Tema                             :  Keseimbangan Ekosistem (Sub Tema 3)

Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia (3.7, 4.7), IPA (3.5, 4.5)

Pembelajaran ke                 : 5

Alokasi waktu                       :  1 Hari

 

Pendahuluan ( 10 Menit )

Apakabar anak Soleh Soleha 🥰 semoga sehat semua ya.

Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 

 Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

 

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!  

A.     TUJUAN

1.     Dengan mengamati gambar yang ada, siswa mampu memahami dan menjelaskan hubungan antarmakhluk hidup, menjelaskan perbedaan antara simbiosis parasistisme, komensalisme, dan mutualisme, dan menyimpulkan mengenai hubungan khas makhluk hidup secara benar.

2.     Dengan mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu menemukan dan mencari arti dari kosakata baru, menentukan pokok pikiran dari sebuah bacaan nonfiksi dan menyajikannya dalam bentuk sebuah peta pikiran secara baik dan benar.

3.     Dengan memahami peran antarmakhluk hidup bagi kelangsungan hidup mereka di dalam sebuah ekosistem, siswa mampu membuat sebuah poster jaring-jaring makanan dari sebuah ekosistem, mempresentasikan hasil kerja mereka dan menjelaskannya dengan percaya diri di depan kelas, dan membuat tulisan mengenai hubungan yang terjadi di dalam rantai makanan secara runtun.


TEMA 5: EKOSISTEM

 Kegiatan inti (45 menit)

 SUB 3 : Keseimbangan Ekosistem

 

Pembelajaran 1

 

Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan

Kebergantungan antarmakhluk hidup dan lingkungannya menjadi bagian dari kehidupan di dalam sebuah ekosistem. Tumbuhan mendapatkan energi dari matahari. Hewan mendapatkan energi dari tumbuhan atau hewan lain yang memakan tumbuhan. Tumbuhan berhijau daun mampu membuat
makanan sendiri. Makhluk hidup yang dapat membuat makanan sendiri disebut produsen. Banyak jenis makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanan sendiri. Mereka mendapatkan energi dari makanan yang mereka makan. Makhluk hidup yang memakan makanan tanpa bisa membuat sendiri disebut konsumen. Beberapa jenis konsumen memakan tumbuhan. Konsumen ini dinamakan herbivor. Konsumen yang memakan hewan sebagai sumber energinya dinamakan karnivor. Ada juga konsumen yang memakan baik tumbuhan maupun hewan, yang dinamakan omnivor.



Ayo Berlatih
Mencari Arti Kosakata Baru

  1. Garis bawahilah beberapa kosakata baru dari bacaan di atas.
  2. Tuliskanlah kata-kata tersebut di dalam buku catatanmu.
  3. Carilah arti kosakata tersebut dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.
  4. Gunakan kosakata tersebut untuk menyusun dua kalimat lengkap.

No.

Kosa Kata Baru

Arti

1

Ekosistem

Keadaan khusus tempat komunitas suatu organisme hidup dan komponen organisme tidak hidup dari suatu lingkungan yang saling berinteraksi

2

Energi

Daya (kekuatan) yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan, misalnya dapat merupakan bagian suatu bahan atau tidak terikat pada bahan (seperti sinar matahari); tenaga;

3

Produsen

Penghasil bahan makanan

4

Konsumen

Pemakai barang hasil produksi 

5

Herbivor

Hewan pemakan tumbuh-tumbuhan

6

Predator

Binatang yang hidupnya dari memangsa binatang lain; hewan pemangsa hewan lain

7

Kompleks

Mengandung beberapa unsur yang pelik, rumit, sulit, dan saling berhubungan

8

Komponen

Bagian dari keseluruhan; unsur:

9

Mangsa

Binatang yang menjadi makanan binatang buas

10

Karnivor

Hewan pemakan daging (seperti anjing, kucing)

11

Omnivor

Hewan pemakan hewan lain dan tumbuhan



Membuat Peta Pikiran
Berdasarkan bacaan di atas, temukanlah pokok pikiran utama pada setiap paragraf.Temukanlah kata kunci pada setiap paragraf dan gunakanlah untuk membuat cabang utama pada peta pikiranmu.Temukanlah informasi penting pada setiap paragraf dan gunakanlah untuk melengkapi cabang utama dari setiap paragraf yang telah kamu buat sebelumnya.



Jaring-jaring makanan adalah gabungan dari beberapa rantai makanan yang siklusnya saling berhubungan.Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa rantai makanan adalah bagian dari jaring-jaring makanan dalam cakupan yang lebih luas lagi.

Pada jaring-jaring makanan organisme yang terkumpul pada jaring-jaring makanan mempunyai beberapa jenis oragnisme yang dapat dipilih menjadi makanannya.Sedangkan pada rantai makanan, organisme yang menjadi konsumen hanya memiliki satu pilihan makanan saja.Meskipun tersedia beberapa, tapi jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan organisme yang ada pada jaring-jaring makanan.



 ( 15 Menit )

Demikianlah pembelajaran kita hari ini, bagaimana ? apakah semua sudah mengerti ? Alhamdulillah jika semua sudah mengerti, namun jika ada yang belum paham ibu guru berikan kesempatan untuk bertanya.

Untuk lebih memahami pembelajaran hari ini mari kita Review kembali pembelajaran kita hari ini dengan menjmen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar