Tema : Sehat Itu Penting (Tema 4)
Sub Tema : Gangguan kesehatan pada organ peredaran darah (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke : 3 dan 4
Alokasi waktu : 1 Hari
Apakabar anak Soleh Soleha 🥰 semoga sehat semua ya.
A. TUJUAN
menjelaskan amanat pantun, menunjukkan ciri-ciri pantun, mengidentifikasi ciri-ciri pantun dan mempresentasikannya, mengidentifikasi interaksi manusia dengan lingkungan, mengidentifikasi aktivitas masyarakat di sekitarmu yang berkaitan dengan pembangunan sosial budaya, membuat laporan hasil observasi di lingkungan sekitar tentang aktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan sosial budaya Indonesia, menyebutkan tanggung jawab sebagai masyarakat, dan mengamati pelaksanaan pengambilan keputusan sebagai wujud tanggung jawab sebagai warga masyarakat. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti krgiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Saat malas dan tak bertenagaJangan diam seperti pagarSebaiknya lakukan olahragaAgar peredaran darah menjadi lancar
No. | Ciri Pantun | Keterangan |
---|---|---|
1. | Baris |
|
2. | Sajak |
|
3. | Suku kata |
|
4. | Sampiran dan isi pantun | Sampiran : saat malas tak bertenaga jangan diam seperti patung Isi : ayo kita berolahraga bersepeda keliling gunung |
5. | Amanat | Berolahraga merupakan salah satu kegiatan untuk menjaga kesehatan. Olahraga yang dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, misalnya bersepeda. |
Tidur malam sering bermimpi,Mimpi burung buanglah ludah.Jika ingin mencari rezeki,Niatkan untuk beribadah...
No. | Ciri Pantun | Keterangan |
---|---|---|
1. | Baris |
|
2. | Sajak |
|
3. | Suku kata |
|
4. | Sampiran dan isi pantun | Sampiran : Tidur malam sering bermimpi Mimpi burung buanglah ludah Isi : Jika ingin mencari rezeki Niatkan untuk beribadah |
5. | Amanat | Kegiatan ekonomi (bekerja/mencari rezeki) tidak terlepas dari ibadah kepada Allah SWT. Kekayaan ekonomi haruslah digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan hidup manusia supaya meningkatkan pengabdian kepada Allah SWT. |
- Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.
- Mengikuti pelatihan keterampilan seperti menjahit, membatik, danmembuat karya kerajinan lainnya.
- Turut serta dalam organisasi masyarakat.
.Beberapa aktivitas masyarakat dalam rangka pembangunan sosial budaya antara laain sebagai berikit :
- Tolong menolong antar warga masyarakat.
- Gotong royong membersihkan lingkungan sekitar.
- Mengambil jalan musyawarah mufakat untuk menyelesaikan suatu masalah.
- Menjaga kerukunan antar warga masyarakat.
Pengaruh kktivitas yang mereka lakukan terhadap pembangunan sosial dan budaya adalah dapat memperkuat persatuan dan kesatuan Indonesia. Selain itu, Indonesia juga tidak akan kehilangan jati diri karena masyarakatnya selalu mempertahankan sosial dan budaya luhur Indonesia.
Sebagai seorang siswa ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk pembangunan sosial budaya misalnya :
- Ikut serta dalam kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan sekitar.
- Menolong seseorang yang membutuhkan bantuan.
- Bersikap sopan santun.
- Melestarikan budaya daerah.
Seharusnya pemilihan ketua RT dan RW pada suatu masyarakat dipilih langsung oleh masyarakat di wilayah terkait melalui musyawarah mufakat atau pemungutan suara jika tidak dicapai titik persetujuan semua anggota musyawarah. Pemilihan dengan musyawarah atau voting ini sesuai dengan nilai-nila Pancasila.
Kesejahteraan masyarakat juga menjadi salah satu alat ukur pembangunan sosial budaya. Pembangunan sosial budaya yang berkaitan dengan kesejahteraan ini dapat dilihat dari program yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan.Banyak jenis bantuan yang diberikan baik berupa uang tunai atau non tunai. Bantuan ini apabila dimanfaatkan dengan baik maka dapat meningkatkan perekonomian masing-masing individu. Dengan bantuan tersebut diharapkan kesejahteraan masyarakat meningkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar