Tema : Sehat Itu Penting (Tema 4)
Sub Tema : Gangguan kesehatan pada organ peredaran darah (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 Hari
Apakabar anak Soleh Soleha 🥰 semoga sehat semua ya.
A. TUJUAN
mempelajari tentang mengidentifikasi properti tari yang digunakan, menyebutkan berbagai karya tari yang menggunakan properti tari, menggabungkan gerak tari dengan iringan tari, membuat gerakan tari dengan properti, menjelaskan pengertian tanggung jawab, mengemukakan wujud tanggung jawabnya terhadap tugas, membuat pantun, menjelaskan amanat pantun, mengidentifikasi ciri-ciri pantu, dan menuliskan ciri-ciri pantun dan isi pantun yang dibuat. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Amati gerak-gerak tari dengan mengenakan properti berikut! Amatilah juga pola lantai pada kedua gerak. Pola lantai apa yang terbentuk?
Termasuk bentuk pantun apa yang diucapkan Siti dan Edo di atas? Tanyakan kepada orang yang kamu anggap tau. Kemudian, buatlah pantun seperti di atas. Tuliskan dalam kolom berikut!
Pantun di atas termasuk pantun anak-anak: Pantun anak-anak yaitu pantun yang memiliki kaitan dengan masa kanak-kanak yang mana pantun ini menggambarkan makna suka cita maupun duka cita.
Contoh pantun :
Ke pasar beli balon udaraDi tengah jalan balon meletusBetapa hati sangat gembiraNilai ulangan dapat seratus
Ciri-ciri pantun
No. | Ciri Pantun | Keterangan |
---|---|---|
1. | Baris |
|
2. | Sajak |
|
3. | Suku kata |
|
4. | Sampiran dan isi pantun | Sampiran : Ke pasar beli balon udara Di tengah jalan balon meletus Isi : Betapa hati sangat gembira Nilai ulangan dapat seratus |
5. | Amanat | Hati kita tentu akan senang jika mendapat nilai ulangan yang bagus. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar