MATERI AJAR
Hari/ Tanggal : Selasa, 3 Agustus 2021
Kelas : 2
Tema : Hidup Rukun
Sub Tema 3 : Hidup Rukun di Sekolah
Asslaamualaikum anak soleh dan solehah
Apa kabar semuanya?
Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT.
Pagi ini bu guru mengingatkan kembali untuk tetap menjaga kesehatan dan tentunya jangan lupa ibadahnya ya 😘
Sholat sunah seperti sholat dhuha serta murajaah untuk pagi ini selalu tetap dilaksanakan.
semangat pagi hari ini kita akan belajar lagi tentang Pancasila. Semangat belajar☺️☺️
Video Pembelajaran
Udin dan teman-teman belajar di sekolah dengan senang.
Suasana di sekolah menyenangkan karena mereka saling menjaga kerukunan.
Ayo Mengamati
Perhatikan gambar Udin dan teman-temannya senang bermain lari berpasangan
Ayo Berlatih
Ayo bergerak bersama temanmu!
Setelah melakukan gerakan-gerakan di atas, mari lakukan permainan berlari berpasangan berikut.
Sebelum berlari, lakukan pemanasan terlebih dahulu
Ayo MembacaBacalah teks di bawah ini dengan intonasi dan lafal yang tepat dengan percaya diri!
Berolahraga Bersama
Hari ini Udin dan teman-teman berolahraga.
Pak Guru meminta siswa untuk berlari berpasangan.
Udin berpasangan dengan Edo.
Tiba-tiba mereka terjatuh karena gerakan kakinya tidak kompak.
Kaki Edo terluka dan berdarah.
Udin membantu Edo berdiri.
Pak Guru mengantarkan Edo ke UKS.
Pak Guru pun mengingatkan siswa lainnya.
Berhati-hatilah ketika berlari!
Samakan langkah kalian terlebih dahulu!
Garis bawahi kalimat yang menunjukan perintah pada teks bacaan di atas.
Ayo Berlatih
Buatlah pertanyaan dan jawaban tentang pengalaman Udin ketika berolahraga bersama!
Tuliskan pertanyaan itu pada kartu tanya jawab.
Tukarkan kartumu dengan teman sebangkumu.
Kemudian, tuliskan jawaban yang benar sesuai dengan pertanyaan temanmu.
Pertanyaan dan jawaban :
Kapan Udin dan teman-teman berolahraga?
Jawaban : Udin dan teman-teman berolahraga pada hari ini.
Siapa yang meminta siswa untuk berlari berpasangan?
Jawaban : Pak Guru meminta siswa berlari berpasangan.
Siapa yang berlari berpasangan dengan Edo?
Jawaban : Udin berlari berpasangan dengan Edo.
Mengapa Udin dan Edo terjatuh?
Jawaban : Udin dan Edo terjatuh karena gerakan kakinya tidak kompak.
Siapa yang membantu Edo berdiri?
Jawaban : Udin membantu Edo berdiri.
Siapa yang mengantarkan Edo ke ruang UKS?
Jawaban : Pak Guru mengantarkan Edo ke UKS.
Apa yang diingatkan Pak Guru kepada siswa lainnya?
Jawaban : Pak Guru mengingatkan siswa lainnya untuk berhati-hatilah ketika berlari dan menyamakan langkah terlebih dahulu.
Ayo Menulis
Pembelajaran hari ini sudah selesai.
Apa yang dilakukan Udin dan teman-teman sebelum pulang?
Tuliskan pada kotak berikut!
Udin dan teman-teman berdoa sebelum pulang. Mereka berdoa sesuai dengan agama masing-masing.
Sikap Udin di sekolah sesuai dengan pengamalan sila pertama dan kedua Pancasila.
Sikap manakah yang dimaksud?
Tuliskan pada tabel berikut
Sila Pertama | Sila Kedua |
---|---|
Udin dan teman-teman berdoa sebelum pulang sekolah. | Walaupun berbeda agama, mereka belajar dan bermain bersama. |
Beri tanda √ pada gambar yang sesuai pengamalan sila pertama atau sila kedua Pancasila di sekolah.
Tuliskan sila yang sesuai di bawah gambar.
Ayo Berlatih
Ceritakan tentang kegiatanmu di sekolah!
Ceritakan kegiatan yang sesuai sila pertama Pancasila!
Ceritakan kegiatan yang sesuai sila kedua Pancasila!
Ceritakan secara lisan dengan percaya diri!
Kegiatanku di sekolah dimulai saat bel sekolah berbunyi. Setelah murid dan guru masuk ke ruang kelas, kami berdoa terlebih dahulu. Kami juga berdoa saat pelajaran selesai dan akan pulang. Walaupun agama kami berbeda-beda, kami tetap belajar dan bermain bersama-sama.
Ceritakan kegiatan yang sesuai sila pertama Pancasila!
Jawaban: Murid dan guru berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran.
Ceritakan kegiatan yang sesuai sila kedua Pancasila!
Jawaban: Mereka bermain dan belajat bersama meski berbeda agama.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Siswa mencari cerita anak tentang tolong-menolong atau toleransi di majalah atau sumber lain, misalnya internet, dan dibaca bersama orang tua
Masih ingat cara membaca dan menulis aksara Lampung? Pelajari lagi yuk...
Contoh:
Ma ya ba wa la da
Alhamdulillah pembelajaran kita hari ini sudah selesai, silakan anak-anak kerjakan Penilaian Harian Tema 1 Subtema 2 melalui link di bawah ini ya:
Semangat mengerjakan, jangan lupa baca doa terlebih dahulu🤗
Tidak ada komentar:
Posting Komentar