Selasa, 17 Mei 2022

Materi Ajar Rabu, 18 Mei 2022

 Kelas/ Semester : 2/ 2

Tema 8 : Keselamatan diRumah dan Perjalanan.

Subtema 4 : Menjaga Keselamatan di Perjalanan

Pembelajaran : 5 dan 6


Oke Ibu guru persilahkan untuk anak-anak sholeh dan sholeha mempersiapkan alat-alat untuk belajar hari ini, namun sebelum itu jangan lupa mandi terlebih dahulu ya. Selanjutnya silahkan simak tausiyah, murojaah, serta sholat dhuha ya sayang baru kita akan mulai pembelajaran kita hari ini.

Pada Pembelajaran 5 dan 6 Tema 8 Subtema 4 Menjaga Keselamatan di Perjalanan akan mempelajari tentang membaca kalimat, menemukan penggunaan, menulis kalimat, dan membacakan kalimat sederhana yang di dalamnya memuat aturan penggunaan tanda tanya. Mengidentifikasi, menceritakan cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan benar. Menjelaskan dan menceritakan pengalaman hidup bersatu dalam keberagaman teman sekolahr. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Hari Minggu, Udin diajak ibu berbelanja ke pasar.

Suasana di pasar sangat ramai.

Udin dan ibu memperhatikan keselamatan di pasar.

Apa saja yang dilakukan Udin dan ibu dalam menjaga keselamatan ketika di pasar?

Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut dengan teliti!
Udin dan Ibu Ke Pasar
Ayo Berlatih
Apa isi gambar yang kamu amati di atas?
Gambar yang saya amati adalah kegiatan Udin dan ibu ketika berbelanja ke pasar.
Untuk menguji pemahamanmu, bacalah pertanyaan berikut dengan nyaring!

Kemudian, jawablah pertanyaan dengan benar!
1. Apa saja yang dilakukan Udin dan ibu dalam menjaga keselamatan ketika di pasar?
Untuk menjaga keamanan saat di pasar Udin bergandengan tangan serta selalu berada di dekat ibu agar tidak terpisah.
2. Mengapa Udin dan ibu bergandengan tangan?
Udin dan ibu bergandengan tangan agar tidak terpisah saat berda dalam kerumunan di pasar.
3. Kapan Udin dan ibu pergi ke pasar?
Udin dan ibu pergi ke pasar pada suatu hari.
4. Di mana saja kita harus menjaga keselamatan?
Kita harus menjaga keselamatan di manapun berada.
5. Siapa saja yang ada di pasar?
Beberapa orang yang ada di pasar antara lain pedagang, pembeli, petugas kebersihan pasar, dan petugas keamanan pasar.
6. Bagaimana pendapatmu dengan sikap Udin dan ibu?
Menurut saya, Ibu dan Udin sudah memperhatikan keselamatan ketika di pasar dengan saling bergandeng tangan.

Ayo Mengamati
Amati kembali pertanyaan-pertanyaan di atas!

Tentu kamu masih ingat dengan kalimat tanya, bukan?

Perlu diingat:
Kalimat tanya selalu dibubuhkan tanda tanya (?) di akhir kalimat.Kita dapat menggunakan kata tanya apa, siapa, mengapa, kapan, di mana, dan bagaimana ketika bertanya.

Ayo Berlatih
Kerjakan latihan dengan mengikuti petunjuk berikut!
Copet
  • Amati gambar di atas dengan teliti!
  • Buatlah pertanyaan yang sesuai dengan gambar!
  • Gunakan kata tanya apa, siapa, mengapa, kapan,di mana, dan bagaimana dalam mengajukan pertanyaan!
  • Tuliskan pertanyaanmu pada kolom berikut!
Pertanyaan berdasarkan gambar :
  1. Apa yang terjadi dengan Siti, sehingga ia berteriak?
  2. Siapa yang merampas tas milik Siti?
  3. Mengapa perampok mencuri tas milik Siti?
  4. Dimana tempat kejadian perampokan terjadi?
  5. Kapan kejadian perampokan itu terjadi?
  6. Bagaimana caranya agar terhindar dari tidak perampokan?

 Ayo Mengamati

Udin mengamati berbagai kegiatan di pasar.

Udin mengamati kegiatan petugas kebersihan.

Petugas kebersihan sedang membersihkan sampah yang berserakan.

Pedagang yang lain juga ikut membantu.

Petugas dan pedagang berbeda pekerjaan.

Walaupun berbeda, mereka hidup akur dan saling membantu.

Amatilah gambar berikut dengan teliti!
Petugas Kebersihan
Menjaga kebersihan pasar bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan.

Semua pengunjung pasar wajib menjaga kebersihan pasar.

Pasar yang bersih akan terlihat indah.

Ayo Berlatih
Kerjakan latihan dengan mengikuti petunjuk berikut!
  • Amati gambar-gambar berikut dengan teliti!
  • Berilah tanda centang (✓) pada gambar yang menunjukkan sikap menjaga kebersihan lingkungan!
Sikap menjaga kebersihan
Ceritakanlah salah satu gambar yang menunjukkan sikap menjaga kebersihan lingkungan!
Salah satu kegiatan di sekolah yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan adalah kegiatan kerja bhakti. Aku pernah mengikuti kegiatan kerja bhakti membersihakan lingkungan sekolah. Aku dan teman-teman bantu membantu membersihkan lingkungan kelas. Ada teman yang menyapu, mengepel lantai, dan membersihkan kaca. Lingkungan sekolah yang bersih nyaman untuk belajar.

Ayo Mengamati
Amati kembali gambar berikut dengan teliti!
Kerjasama
Sikap apakah yang mereka tunjukkan di gambar?

Coba diskusikan dengan temanmu!
No.Sikap yang Ditunjukkan Gambar
1.Tolong menolong
2.Saling membantu
3.Bekerja sama
4.Saling peduli
5.Bertanggung jawab
6.Kerja keras

Ayo Berlatih
Kerjakan latihan dengan mengikuti petunjuk berikut!
  • Amati gambar-gambar berikut dengan teliti!
  • Berilah tanda centang (✓) pada gambar yang mencerminkan hidup bersatu dalam keragaman!
  • Bagaimana menurut pendapatmu perbedaan gambar tersebut.
Persatuan dan Kesatuan
Diskusikan dengan temanmu manfaat hidup bersatu dalam keragaman berdasarkan gambar!
No.Manfaat Hidup Bersatu
1.Pekerjaan cepat selesai
2.Menjaga kerukunan antar sesama
3.Menumbuhkan sikap toleransi
4.Saling peduli satu sama lain
5.Saling menolong
6.Pekerjaan menjadi lebih ringan

Di Indonesia musim hujan telah tiba.

Hujan turun setiap hari.

Hujan telah mengguyur satu bulan lamanya.

Banjir melanda pemukiman warga sekitar.

Banyak warga yang terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut dengan teliti!
Banjir
Sebutkan apa saja kegiatan warga pada gambar di atas?
Kegiatan warga pada gambar adalah memindahkan barang ke tempat yang tidak terkena banjir.
Apakah tindakan mereka sudah benar
Tindakan mereka sudah benar karena pada saat terjadi banjir barang-barang harus diselamatkan agar tetap bisa digunakan.

Ayo Berlatih
Bacalah pertanyaan berikut dengan nyaring! Kemudian, jawablah pertanyaan dengan benar!

1. Apa saja yang kamu lakukan jika terjadi banjir di sekitarmu?

Jika terjadi banjir di sekitarku maka saya akan memindahkan barang ke tempat yang tidak terkena banjir, padamkan listrik, cabut gas di kompor, angkat kabel yang tersambung dengan listrik agar tidak terjadi listrik statis di air.
2. Mengapa bisa terjadi banjir? Jelaskan pendapatmu?
Banjir dapat terjadi karena hujan deras dalam waktu yang lama sehingga sungai tidak mampu menampung aliran air lagi.
3. Kapan biasanya sering terjadi banjir?
Banjir biasanya sering terjada pada musim penghujan.
4. Siapa saja yang bertanggung jawab jika terjadi banjir?
Jika terjadi banjir maka seluruh warga masyarakat dan pemerintah harus bertanggung jawab.
5. Bagaimana cara mencegah agar tidak terjadi banjir?
Cara mencegah banjir antara lain membuang sampah pada tempatnya, menjaga kelancaran aliran air, membuat daerah serapan air dan melakukan penghijauan.
6. Di mana saja kamu pernah melihat banjir?
Saya pernah melihat banjir di lingkungan sekitarku.

Ayo Mengamati
Perhatikan kembali kalimat-kalimat di atas!

Kalimat-kalimat di atas merupakan contoh kalimat tanya.
  • Kalimat tanya selalu dibubuhkan tanda tanya (?) di akhir kalimat.
  • Kalimat tanya dapat diawali dengan menggunakan kata tanya.
  • Kita dapat menggunakan kata tanya apa, siapa, mengapa, kapan, di mana, dan bagaimana ketika bertanya.

Ayo Berlatih
Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat tanya yang utuh!
Kalimat Acak
Setelah disusun menjadi kalimat utuh sebagai berikut :
  1. Apa penyebab banjir?
  2. Mengapa kita perlu mengungsi jika terjadi banjir?
  3. Bagaimana cara menanggulangi banjir?
  4. Siapa yang membantu korban banjir?
  5. Kapan kita harus mengungsi?

Ayo Mengamati
Hujan mengguyur Indonesia satu bulan lamanya.

Masih ingatkah kamu berapa hari dalam 1 bulan?

Berapa minggu dalam 1 bulan?
Aku ingat
I minggu = 7 har, 1 bulan = 30 hari, 1 bulan = 4 minggu, dan 1 tahun = 12 bulan.
Jadi, hujan telah mengguyur Indonesia selama 4 minggu.

Ayo Berlatih
Jawablah soal-soal berikut dengan benar!
1. Para warga mengungsi selama 8 minggu.
Berapa hari para warga mengungsi?
Jawab: 8 x 7 = 56 hari
Berapa bulan pula warga mengungsi?
Jawab: 8 : 4 = 2 bulan
2. Tanggap darurat bencana ditetapkan selama 16 minggu.
Berapa hari ditetapkan tanggap darurat bencana?
Jawab: 16 x 7 = 112 hari
Berapa bulan pula ditetapkan tanggap darurat bencana?
Jawab: 16 : 4 = 4 bulan
3. Masyarakat menyalurkan selama 3 bulan.
Berapa minggu masyarakat menyalurkan bantuan?
Jawab: 3 x 4 = 12 mingggu
4. Pemukiman warga baru benar-benar bersih setelah 6 bulan.
Berapa minggu lama warga membersihkan pemukiman?
Jawab : 6 x 4 = 24 minggu
Berapa hari pula lama warga membersihkan pemukiman?
Jawab: 6 x 30 = 180 hari
5. Posko bantuan dibuka selama 150 hari.
Berapa bulan posko bantuan dibuka?
Jawab: 150 : 30 = 5 hari
Sekarang, coba isikan jawabanmu pada gambar berikut!
Bulan
Ayo Mengamati
Coba amati dan bandingkan gambar-gambar berikut!
Persatuan
Apa makna dari gambar yang kamu amati di atas?

Gambar manakah yang menunjukkan persatuan?

Walaupun berbeda-beda, kita harus hidup bersatu.

Hidup bersatu banyak manfaatnya. Dengan bersatu, pekerjaan akan cepat selesai.

Selain itu, pekerjaan yang berat juga akan menjadi ringan.

Kita harus membiasakan hidup bersatu di dalam kehidupan.

Ayo Berdiskusi
Tahukah kamu akibat jika kita hidup tidak bersatu?

Coba diskusikan dengan temanmu!

Tuliskan hasilnya pada tabel berikut!
No.Akibat Jika Hidup Tidak Bersatu
1.Pekerjaan akan lama selesai.
2.Tidak ada yang mau menolong ketika sedang kesulitan
3.Terjadi perselisihan hingga bertengkar
4.Hidup menjadi tidak nyaman
5.Banyak kebutuhan hidup tidak terpenuhi
6.Banyak teman menjadi musuh

Latihan modul tematik tema 8 subtema 3
Uni kompetensi 3  halaman 96 dan 97

Tidak ada komentar:

Posting Komentar