Rabu, 18 Agustus 2021

Materi Ajar Kamis, 19 Agustus 2021

 Assalamualaikum🤗

Pada Pembelajaran 5 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah akan mempelajari tentang menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang sifat benda. Mmenyebutkan isi teks pendek yang dibacakan. Menjelaskan dan mempraktekkan prosedur variasi gerakan menekuk tanpa berpindah tempat. Mengelompokkan berbagai hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah. Mensimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di rumah. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.


Ayo Membaca
Bacalah teks percakapan berikut bersama temanmu!
Perahu dan Balon
Balon:Perahu, bagaimana cara kamu berlayar?
Perahu:Dengan bantuan angin, Balon.
Balon:Angin? Apa itu angin?
Perahu:Angin itu udara yang bergerak. Kalau kamu, mengapa bisa menggelembung?
Balon:Karena di dalam perutku juga ada udara, Perahu. Ketika udara itu ditiupkan, aku dapat menggelembung.
Perahu:Berarti udara sama-sama berguna bagi kita.


Ayo Menulis
Tulislah jawaban dari pertanyaan berikut berdasarkan teks percakapan di atas!

1. Apa yang dibicarakan perahu kertas dengan balon?
Perahu kertas dan balon sedang membicarakan manfaat udara bagi mereka.
2. Mengapa balon bisa menggelembung?
Balon bisa menggelembung karena didalamnya terdapat udara.
3. Mengapa perahu kertas bisa berlayar jika diapungkan?.
Peragu kertas bisa berlayar jika diapungkan karena dorongan angin.
4. Sebutkan beberapa benda yang memiliki sifat yang sama seperti balon!
Benda yang memiliki sifat sama dengan balon adalah ban dalam (mobil, sepeda motor, sepeda), ban yang digunakan untuk berenang, dan kantong plastik.

Ayo Mencoba
Ayo, lakukan kegiatan berikut untuk mengetahui sifat-sifat benda.

Sifat-sifat Benda
Alat dan Bahan yang Diperlukan
  1. Balon
  2. Kantong plastik bening

Cara Kerja
  1. Tiuplah balon sampai menggelembung. Kemudian, ikat mulut balon dengan karet.
  2. Tiuplah kantong plastik sampai mengembang. Selanjutnya, ikat mulut plastik dengan karet.
  3. Amati bentuk balon dan kantong plastik tersebut.
  4. Bagaimanakah bentuk balon dan kantong plastik? Apa simpulanmu?

Kesimpulan
Udara dalam balon dan kantong plastik bentuknya mengikuti wadahnya.
Ayo Membaca
Dengarkan gurumu membaca teks berikut!

Meniup Balon
Balon terbuat dari bahan karet. Karet bersifat lentur dan elastis.

Saat kita meniup balon, udara masuk ke dalam balon

Balon yang kita tiup akan menggelembung.

Udara akan menekan balon ke segala arah.

Udara dalam balon akan menyesuaikan dengan bentuk balon.

Begitu juga dengan kantong plastik.

Artinya, bentuk udara mengikuti bentuk wadahnya

Ayo Menulis
Setelah mendengarkan isi teks yang dibacakan gurumu, jawablah pertanyaan berikut!

1. Bagaimana bentuk udara ketika ditiupkan ke balon?
Bentuk udara ketika ditiupkan ke balon menyerupai balon.

 2. Bagaimana bentuk udara ketika ditiupkan ke kantong plastik?.

Bentuk udara ketika ditiupkan ke balon menyerupai kantong plastik.
3. Apakah sama bentuk udara ketika ditiupkan ke balon dan kantong plastik?.
Bentuk udara ketika ditiupkan ke balon dan kantong plastik berbeda.
4. Bagaimana menurutmu sifat udara?
Sifat udara adalah menyesuaikan bentuk wadahnya.
5. Ceritakan kembali secara lisan isi teks “Meniup Balon”!
Saat meniup balon udara dan kantong palstik keduanya akan menggelembung. Udara dalam balon dan kantong plastik akan menekan ke segala arah. Udara dalam balon dan kantong plastik juga akan menyesuaikan dengan bentuk wadahnya. Artinya, bentuk udara mengikuti bentuk wadahnya

Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut!
Kepala Pundak Lutut Kaki
Apa yang dilakukan Beni dan teman-teman?

Pernahkah kamu melakukan permainan tersebut?

Lakukan permainan “Kepala Pundak Lutut Kaki” bersama teman-temanmu!

Bermain ada aturannya.

Setiap aturan permainan harus dipatuhi.

Ketika bermain tidak boleh curang.

Aturan tidak hanya ada dalam permainan saja.

Di rumahku juga ada beberapa aturan.

Teman-teman mau tahu?

Di bawah ini adalah beberapa aturan di rumah Beni.

Bacalah dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Aturan di Rumahku
  1. Bangun pagi pukul 05.00.
  2. Setelah bangun merapikan tempat tidur.
  3. Selalu minta izin bila bepergian.
  4. Dalam bermain tidak boleh lupa waktu.
  5. Setelah makan membersihkan meja dan mencuci piring.
  6. Sore hari membantu pekerjaan orang tua.
  7. Pukul 19.00 belajar dengan rajin.
  8. Pukul 21.00 tidur.
Kamu telah membaca beberapa aturan di rumah Beni. 

 Bagaimana dengan aturan di rumahmu? 

Berilah tanda centang (✅) pada kolom yang sesuai!
No.KegiatanPerlu DilakukanTidak Boleh Dilakukan
1.Menonton sampai larut malam
2.Membantu ayah dan ibu
3.Mengerjakan PR
4.Bermain dengan curang
5.Minta izin kepada orang tua bila akan bepergian

Ayo Menulis
Berdiskusilah dengan ayah dan ibu tentang aturan di rumahmu!

Tuliskan aturan tersebut pada kolom berikut!
Aturan di Rumahku
  1. Menghormati kedua orang tua.
  2. Saling menghargai antara anggota keluarga.
  3. Saling membantu antara anggota keluarga.
  4. Memberi tahu jika hendak pergi keluar rumah.
  5. Mengetuk pintu terlebih dahulu sebelum masuk ke kamar selain kamar kita.
  6. Berbicara dan bersikap sopan.
  7. Makan dengan tenang dan rapi.

Kerja Sama dengan Orang Tua
Orang tua dan siswa berdiskusi tentang aturan di rumah dan mengajak siswa untuk membiasakan mematuhi aturan.

Tugas
Jawablah soal berikut dengan tepat! Tulis di buku tulismu dengan rapi ya😉
Ayo Berlatih
Perhatikan contoh berikut!
Contoh Soal
Tentukan bilangan yang tepat untuk soal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar