Senin, 25 Januari 2021

Materi Ajar. Selasa, 26 Januari 2021


Hari/ tanggal : Selasa, 26 Januari 2021

Kelas / Semester : II (Dua) / 2

Tema :  Pengalamanku

Sub Tema 3 :  Pengalaman di Tempat tempat wisata

Pembelajaran :  3 dan 4


TUJUAN PEMBELAJARAN

Dengan menggunakan teks lagu Desaku, siswa dapat membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat) dengan tepat.

Dengan mendengarkan pembacaan puisi, siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan baik.

Dengan membaca teks puisi, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan dengan benar.

Dengan menemukan kosakata yang belum dipahami artinya, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan dengan benar.

Dengan mengerjakan soal cerita, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang (misalnya cm dan m)dengan tepat.

Dengan memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang, siswa dapat menyajikan penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjang dengan tepat.

Dengan membaca teks pendek, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan dengan benar.

Dengan mengidentifikasi cara menggunakan bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan, siswa dapat membuat karya hiasan dari bahan buatan dan benar.

Dengan menggunakan teks percakapan, siswa dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta tolong dengan baik.

Dengan membuat teks percakapan, siswa dapat bermain peran dalam melatih ungkapan dengan menggunakan kata tolong untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.

Dengan mengamati data panjang kain, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang dengan tepat.

Dengan memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang, siswa dapat menyajikan penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjang dengan tepat.

Dengan mengamati teks percakapan antara Mei dan Beni, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan buatan dengan benar.

Dengan mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan buatan, siswa dapat membuat karya hiasan dengan bahan buatan dengan benar.


KOMPETENSI DASAR

Bahasa Indonesia :  3.5 , 4.5, 3.6 dan 4.6

Matematika : 3.6 dan 4.6

SBdP : 3.4 dan 4.4

Pkn : 3.1 dan  4.1


Asslamualaikum wr wb , Apa kabar anak soleh solehah? Semoga kita senantiasa selalu dalam lindungan Allah swt.

Untuk hari ini kita belajar kembali ya anak soleh solehah, Sebelum memulai pelajaran jangan lupa untuk sholat dhuha, murajaah harian dan membaca doa ya..

Anak soleh solehah mari kita simak video pembelajaran berikut ini ya :

Video pembelajaran



Ringkasan Materi yang dapat dipelajari hari ini seperti dibawah ini y anak soleh solehah

Beni bersama keluarga pernah berwisata. Berwisata mengunjungi Pulau Komodo.

Pulau Komodo berada di kabupaten Manggarai Barat. kabupaten tersebut  berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur

Di sana terdapat banyak komodo.

Komodo pemakan daging. Seperti daging kambing



Mencoba menghitung panjang komodo

Contoh:

Panjang badan Komodo 133 cm dan panjang ekor komodo 122. Berapakah panjang seluruh tubuh Komodo tersebut?

133 cm + 122 cm =   155 cm 

155cm = 1,55 m


Beni membuat jenis hewan dari kain flanel.

Coba lakukan seperti Beni. Caranya mudah. Langkah-langkahnya seperti berIkut.

1.Sediakan pola hewan dengan kertas karton.

2.Buat pola pada kain flanel. Bentuklah seperti hewan.

3.Gunting kain flanel sesuai pola.

4.Tempelkan yang sudah digunting hingga membentuk hewan.


Beni tamasya ke Candi Borobudur. Tamasya disebut juga study tour. Beni meminta tolong pengunjung lain. Beni meminta untuk difoto.




Gambar berikut menunjukkan sikap santun. Sikap Beni kepada orang lain. Latihlah dirimu menggunakan bahasa yang santun. Bahasa ketika meminta tolong.


teks percakapan.

Perhatikan Percakapan Beni bersama orang yang baru dikenal. 
Dibawah ini
 


Gambar berikut menunjukkan sikap santun. Sikap Beni kepada orang lain. Latihlah dirimu menggunakan bahasa yang santun. Bahasa ketika meminta tolong.
Beni dan teman-teman telah selesai mengunjungi Borobudur. Kemudian, melanjutkan membatik di sekitar Candi. Sebelum membatik, Beni mengukur panjang kain. Panjang kain untuk dibatik. Panjang kain yang dibatik berbeda-beda. Perhatikan data berikut! Data tentang panjang kain untuk membatik. 



Perhatikan data berikut! Data tentang panjang kain untuk membatik. (hal 204)

Beni menghias bingkai foto dengan kain batik. Coba lakukan seperti Beni. Perhatikan langkah-langkahnya!



Contoh bingkai foto Beni. Foto ketika di candi Borobudur. Bingkainya dihias dengan kain batik.


Beni pergi ke Papua bersama Edo. Keluarganya bermusyawarah. Akhirnya, keluarga sepakat pergi ke Raja Ampat.(hal 201)


Setelah kita pelajari materi diatas kita hari ini mengerjakan Penilaian Harian ya anak soleh solehah...

Kerjakan dengan teliti dan penuh semangat jangan lupa membaca doa sebelum mengklik jawabnya.

Silahkan anak soleh solehah klik link.dibawah ini ya ..

Penilaian Harian Tema 5 Subtema 2

Selamat mengerjakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar